Yonif Raider 755 Kostrad Mengasah Kemampuan Beladiri dengan Menggelar Latihan Gabungan Pencak Silat PSHT Cabang Merauke

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Dalam Rangka mengasah kemampuan beladiri sekaligus menjalin tali silaturahmi dengan masyarakat, prajurit Yonif Raider 755 Kostrad melaksanakan Latihan Pencak Silat PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan bertempat di Lapangan Mako Yonif Raider 755 Kostrad, Merauke.

Adapun tujuan dilaksanakan latihan ini selain mengasah kemampuan yang sudah dimiliki oleh Prajurit Yonif Raider 755 Kostrad. Juga sekaligus menjalin tali silaturahmi dengan warga. Hal positif yang dipersiapkan oleh para prajurit ini, bisa melatih kepada warga atau para pemuda pemudi agar terhindar dari kegiatan-kegiatan yang negatif.

Beladiri PSHT adalah merupakan bela diri warisan budaya leluhur bangsa berdiri pada tahun 1922 dan termasuk beladiri Pencak Silat tertua di Indonesia yang berpusatkan di Kab. Madiun, Jawa Timur.

Berbagai macam seni beladiri yang ada di Indonesia, salah satunya adalah pencak silat. Beladiri ini sudah ada sejak tahun 1550-an karena penyebarannya seiring dengan penyebaran agama islam pada abad ke-14 di nusantara. Persaudaran Setia Hati Terate (PSHT) merupakan salah satu bagian dari pencak silat yang berpusatkan di Madiun yang didirikan sejak tahun 1922.

Komandan Yonif Raider 755/Yalet Kostrad Letkol Inf Afrianto Dolly, S.M, M.Si. dalam rilisnya mengatakan,bahwa organisasi PSHT ini sangat bagus, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena merupakan seni bela diri yang memiliki kombinasi antara ajaran spiritual (ilmu kebatinan) dengan Gerakan pencak silat.

“PSHT di Yonif Raider 755/Yalet Kostrad ini begitu aktif, karena selain rutin melaksanakan latihan pengembangan teknik beladiri juga rutin melaksanakan kegiatan event Kabupaten Merauke dan saya bangga kepada para prajurit yang mampu mengusai teknik PSHT ini,” pungkas Danyonif.penkostrad/linda.

Leave a Reply