Upacara Penutupan Pendidikan dan Wisuda Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-60

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., didampingi Ketua Umum (Ketum) Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono memimpin Upacara Penutupan Pendidikan dan Wisuda Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal angkatan ke-60 TA. 2022, bertempat di Auditorium Gedung Jos Soedarso, Markas Komando (Mako) Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta.

Dihadapan para mantan Pasis Dikreg Seskoal angkatan ke-60, Kasal mengatakan bahwa penutupan pendidikan ini merupakan simbolisasi berakhirnya proses pembekalan formal kepada para Perwira Menengah (Pamen) TNI AL melalui pendidikan pengembangan umum tertinggi di matra laut. Para Pamen yang melaksanakan Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal ini dipersiapkan untuk mampu memasuki pengabdian pada level operasi dan strategis yang bukan saja hanya tentang memenuhi syarat untuk jabatan dan karier selanjutnya, tetapi jauh lebih penting dari itu adalah sebagai upaya untuk menjamin kesinambungan pembangunan kejayaan TNI AL melalui penyiapan generasi penerus. Maka dari itu, kualitas pendidikan dan lulusan Dikreg Seskoal akan sangat menentukan warna TNI Angkatan Laut dimasa yang akan datang.

“Tantangan hari ini dan ke depan, tidak cukup dihadapi oleh Perwira berdada Merah Putih, tetapi di atas pondasi patriotisme dan semangat rela berkorban harus dibangun pula pengetahuan, pikiran, serta wawasan mendunia dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tutur Kasal kepada para calon pemimpin masa depan TNI AL. Kasal juga pada kesempatan ini menyampaikan ucapan selamat kepada para Pamen dari TNI AD, TNI AU dan Polri serta Mancanegara yang telah mengikuti pendidikan dengan keseriusan dan motivasi tinggi. “Saya berharap kebersamaan yang telah terbangun akan memperkokoh soliditas dan sinergitas antar Matra TNI dan Polri dimasa yang akan datang, serta bersama rekan-rekan Perwira dari Mancanegara sebagai bagian dari diplomasi TNI AL” ungkap Kasal saat menyampaikan amanatnya.

Dalam Upacara Tupdik dan Wisuda kali ini telah dinyatakan lulus sejumlah 182 Pasis Dikreg Seskoal angkatan ke-60 TA. 2022 yang terdiri dari 162 Pamen TNI AL, 2 Pamen TNI AD, 2 Pamen TNI AU, 7 Pamen Polri dan 9 Pamen negara sahabat dari Australia, Bangladesh, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Pakistan, Singapura dan Uni Emirat Arab. Upacara diawali dengan penanggalan tanda siswa dan penyematan Pin Dharma Wiratama serta pemberian Penghargaan kepada Pasis terbaik. Sebagai lulusan terbaik pada Dikreg Seskoal angkatan ke-60 TA. 2022, adalah Mayor Laut (P) Abdul Ghofur, S.H., MASS., yang sekaligus meraih tiga penghargaan yaitu Dharma Wiratama ‘Paripurna’, Dharma Wiratama ‘Cendekia’ dan Dharma Wiratama ‘Widya Wacana’, sedangkan dari Mancanegara yang meraih lulusan terbaik adalah Major (Singapura) Koh Guanow. Selanjutnya dilaksanakan pengalungan Medali Kelulusan dan Pemberian Ijazah kepada masing-masing mantan Pasis didampingi Istri.

Turut mendampingi Kasal saat Upacara Penutupan dan Wisuda kali ini yaitu Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)., selaku Rektor Politeknik TNI AL dan Komandan Seskoal (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr(Han)., M.Tr.Opsla., CHRMP., selaku Direktur Magister Terapan Program Pendidikan Strategi Operasi Laut. Hadir sebagai tamu undangan para Pejabat Utama Mabesal, para Pemimpin Kotama TNI AL dan para Pejabat terkait dari TNI dan Polri serta pejabat dari Kementerian Pendidikan dan para Rektor atau yang mewakili dari Universitas-universitas yang berafiliasi dengan Seskoal yaitu Universitas Pertahanan, Universitas Indonesia, Universitas Terbuka, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Trisakti, Institut Pertanian Bogor dan Institut Teknologi Bandung. Kegiatan berlangsung dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19.penseskoal/linda.

Leave a Reply