Uji Doktrin Operasi, Kolinlamil Latihan Operasi Dukungan Angkutan Laut

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Inspektur Kolinlamil Laksma TNI Hardiko dalam hal ini mewakili Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi membuka Latihan Operasi Dukungan Angkutan Laut (Latopsdukangla) tahun 2022 yang dilaksanakan di Gedung Laut Banda, Mako Satlinlamil 2, Surabaya. Latihan Operasi Dukungan Angkutan Laut merupakan salah satu upaya pemantapan dan peningkatan kemampuan personel serta kesiapsiagaan alutsista Kolinlamil yang difokuskan pada aspek Operasi Militer Perang (OMP).

Panglima Kolinlamil dalam sambutannya yang dibacakan oleh Inspektur Kolinlamil menyampaikan bahwa seperti yang diketahui bersama bahwa Kolinlamil sebagai kotama operasional TNI, bertugas menyelenggarakan operasi angkutan laut TNI baik dalam rangka operasi militer perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP) serta bantuan angkutan laut sesuai dengan kebijakan Panglima TNI. Dalam rangka mendukung tugas pokoknya tersebut, Kolinlamil bertanggung jawab dalam membina kemampuan satuan-satuan di jajarannya baik personel maupun material guna mewujudkan satuan yang siap operasional dalam mendukung tugas TNI/TNI AL.

Lebih lanjut Irkolinlamil mengatakan, dalam pelaksanaan tugas-tugas tersebut Kolinlamil tentunya juga dihadapkan pada perkembangan lingkungan strategis yang semakin kompleks. Hal ini tentunya menuntut kesiapan kemampuan Kolinlamil dalam penyelenggaraan operasi dukungan angkutan laut disesuaikan dengan perkembangan terkini. “Untuk itu diperlukan adanya latihan secara rutin, terprogram, bertingkat dan berlanjut untuk mencapai sasaran, baik secara kualitatif maupun kuantitatif, latihan ini juga dalam rangka menguji doktrin operasi dukungan angkutan laut tahun 2022 guna mendukung tugas pokok TNI dalam menghadapi OMP.” ujar Irkolinlamil.

Keberhasilan latihan bukan hanya ditentukan oleh hasil dari produk latihan semata, namun kesungguhan dan semangat peserta latihan menjadi faktor yang paling penting. Oleh karena, kesempatan yang ada untuk berlatih dan menguji doktrin harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sesuai penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh prajurit TNI AL, berlatih, berlatih, dan berlatih untuk mewujudkan sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional.penkolinlamil/linda.

Leave a Reply