TNI AL-US Navy TFG Matangkan Sea Phase Latihan CARAT

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Memasuki tahap Sea Phase (Tahap Laut/Manuver Lapangan), Personel TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang terlibat Satuan Tugas (Satgas) Latihan Bersama Cooperation Afloat Readiness And Training (CARAT) 2022 melaksanakan Tactical Floor Game (TFG) di Auditorium Puslatkaprang Kolat Koarmada II, Surabaya.

Pelaksanaan TFG yang dilaksanakan bersama US Navy dan US Marines Corps (USMC) ini sebagai upaya mempersiapkan secara maksimal sejumlah taktik dan strategi untuk menghadapi Sea Phase Latma CARAT 2022 yang mulai berlangsung dari tanggal 17 sampai dengan 21 Desember di Perairan Laut Jawa, Situbondo.

Tactical Floor Game (TFG) merupakan bagian dari skenario latihan untuk mematangkan rencana operasi yang telah disusun bersama staf dan pelaku latihan antara TNI AL, US Navy dan USMC jelang memasuki tahap Sea Phase.

Dari materi-materi yang telah dilatihkan melalui TFG ini diharapkan nantinya masing-masing prajurit akan mengerti apa yang dikerjakan pada saat pelaksanaan latihan, selain itu kegiatan ini juga dapat mempererat persahabatan antar kedua negara melalui interaksi selama latihan berlangsung.

Pelaksanaan TFG yang diikuti oleh kedua negara bilateral ini selain selaras dengan implementasi perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yakni untuk membangun SDM yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi tugas-tugas TNI AL juga guna penyelarasan doktrin, Operasi Laut dan sistem pelatihan yang fleksibel dan adaptif terhadap dinamika situasi terkini.dispenal/linda.

Leave a Reply