TNI AL Tuan Rumah ANCM Roadmap Working Group, Jamin Stabilitas Keamanan Regional

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, TNI Angkatan Laut (TNI AL) mengundang angkatan laut negara-negara di ASEAN untuk menjadi bagian dari perencana dan penyusun panduan program kegiatan serta petunjuk forum ASEAN Navy Chiefs’ Meeting (ANCM) periode 2024-2032.

Pertemuan ini dilaksanakan di Batam mulai tanggal 24-26 Oktober 2022 dan dihadiri oleh 35 partisipan yang terdiri dari perwakilan Angkatan Laut negara-negara ASEAN, serta Atase Pertahanan maupun Atase Laut negara-negara ASEAN di Jakarta.

Acara yang dikemas dengan tema “ANCM Roadmap Working Group” ini merupakan salah satu hasil kesepakatan bersama dari seluruh Kepala Staf Angkatan Laut negara-negara ASEAN pada perhelatan 16th ANCM di Bali pada bulan Agustus 2022 yang lalu.

TNI AL menyadari bahwa ANCM Roadmap sebelumnya akan habis masa berlakunya pada tahun 2023 nanti sehingga merasa perlu membentuk suatu kelompok kerja yang berfungsi untuk mengevaluasi ANCM Roadmap 2015-2023, merencanakan serta menyusun ANCM Roadmap 2024-2032, sehingga dapat digunakan sebagai panduan program kegiatan interaksi angkatan laut negara-negara ASEAN dalam rangka penguatan kerja sama dan menjamin stabilitas keamanan regional di masa yang akan datang.

Keikutsertaan TNI AL dalam forum ini merupakan tindak lanjut arahan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, dalam meningkatkan sumber daya manusia dan meningkatkan diplomasi TNI AL, yang mana hal tersebut juga merupakan wujud aplikasi peran TNI AL dalam bidang diplomasi sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.dispenal/linda.

Leave a Reply