TNI AL Sambut Kedatangan Dua Kapal Perang Korea Dengan Passing Exercise

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, TNI Angkatan Laut (TNI AL) menyambut kedatangan dua Kapal Perang Korea ROKN Hansando (ATH-81) dan ROKN Daecheong (AOE-58) di JICT II, Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara, dalam rangka Goodwill Visit ke Indonesia.

Kedatangan kapal perang ROKN Hansando (ATH-81) dan ROKN Daecheong (AOE-58) dikawal oleh KRI Bung Tomo (KRI TOM-357 serta 2 unit Searider Satrol Lantamal III setelah sebelumnya 2 Kapal Perang Korea tersebut melaksanakan rendezvous (RV) dengan KRI TOM-357 di Perairan Pulau Damar. Sesampainya di dermaga JICT disambut oleh Komandan Lantamal (Danlantamal) III Jakarta Brigjen (Mar) Umar Farouq, Pejabat Utama Lantamal III Jakarta beserta Dubes Korea HE. Park Tae-sung, Commander Cruise Training Task Group RDML Kang Dong-goo serta Athan Korea Captain (N) Lee Ju-Deok.

Dua kapal Angkatan Laut Korea Selatan tersebut mengawali 110 hari pelayaran muhibah pada tanggal 2 September 2022 dengan membawa 164 Cadet Akademi Angkatan Laut Korea dan 18 diantaranya adalah Cadet perempuan. Tujuan kedatangannya dua kapal perang Korea Selatan ke Indonesia tersebut, RDML Kang Dong-goo mengatakan “Tujuan kunjungan kedua kapal perang Korea Selatan ini adalah melaksanakan latihan pelayaran dalam atmosfir yang sesungguhnya bertugas di kapal perang bagi Kadet Akademi Angkatan Laut Korea Selatan tingkat akhir, dan secara luas adalah untuk mengatahui dan memahami kebudayaan Indonesia dan memperkuat hubungan kerjasama strategis antara kedua negara”. Pelayaran kedua kapal perang Korea Selatan tersebut direncanakan mengunjungi 9 negara dan 10 pelabuhan di kawasan Asia dan Pasifik, diantaranya Vietnam, Malaysia, India, Indonesia, Australia, New Zealand, Fiji dan Amerika yaitu pangkalan Angkatan Laut Hawaii dan Guam.

Komandan Lantamal III Brigjern TNI (Mar) Umar Faruq menjelaskan bahwa kedatangan kapal negara sahabat ini merupakan bukti dari program kerja Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam upaya peningkatan kerjasama Internasional dan diplomasi Angkatan Laut untuk mewujudkan stabilitas regional, dan berkontribusi aktif dalam upaya perdamaian dunia.

Kapal ROKN Hansando (ATH-81) yang dibangun Hyundai Heavy Industries Co., Ltd ini adalah kapal yang fungsi utamanya untuk pendidikan dan latihan, dilengkapi dengan simulator dan peralatan canggih yang dikomandani Commander Park Jin-Sung. Kapal yang berjenis Helicopter Training Ship memiliki spesifikasi Panjang: 142.2 m, Lebar: 18.0 m, Draft: 4.9 m dan berbobot : 6.235 tons dengan dipersenjatai : 1 x OTO Melara 76 mm serta 1 x Bofors 40 mm gun.

Sedangkan Kapal ROKN Daecheong (AOE-58) berjenis Cheonji-class Fast Combat Support ship (AOE) yang juga dibangun di Hyundai Heavy Industries Co., Ltd ini dibawah komando Captain Ko, Dae-jong. Memiliki spesifikasi Panjang: 134.0 m, Lebar: 18.0 m, Draft: 6,5 m, berbobot : 9.191 tons serta dipersenjatai 1 x 20 mm cannon, 1 x 40 mm cannon serta DAGAIE, Directional Infrared Counter Measures (DIRCM)

Dalam menyambut kehadiran kapal perang negara sahabat, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono memerintahkan kepada Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk melaksanakan Passing Exercise (Passex). Dalam waktu dekat Passex dengan kapal perang Korea Selatan ini akan dilaksanakan di perairan Teluk Jakarta pada saat kedua kapal Korea Selatan tersebut bertolak menuju pelabuhan negara tujuan berikutnya.dispenal/linda.

Leave a Reply