TNI AD Punya Rutan Militer dengan Teknologi Keamanan Modern

Home

Jakarta, inspiras1nusantara, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat miliki sel tahan dengan keamanan maksimum, rumah tahanan itu memanfaatkan teknologi informasi yang canggih, inilah rutan “pintar” dengan tingkat keamanan super maksimum di Indonesia. Rumah tahanan tersebut berada di Pomdam, Guntur, Jakarta.

Kasad Jenderal TNl Andika Perkasa mengatakan, rutan tersebut bukan bangunan baru melainkan bangun yang sudah ada diperbaharui dan di lengkapi dengan alat keamanan canggih memanfaatkan teknologi informasi. Pomdam sendiri sudah membangun beberapa fasilitas lebih memadai dan nyaman.

“Anggaran untuk pembangunan instalasi sebesar 100 miliar rupiah, dari anggaran tahun sebelumnya. Setelah di Jakarta, rencana akan ada penambahan lagi untuk pembangunan instalasi tahanan berikutnya selain di Jakarta”, pungkasnya.

ruang berkumpul di rutan militer Pomdam Jaya, tahan diperagakan personel Pomdam saat diresmikan Kasad, di Jakarta.foto:linda herawati.

Rutan dengan tingkat keamanan maksimal ini letaknya ada di belakang Mako Pomdam, berdekatan dengan lapangan olahraga. Saat inspiras1nusantara berkesempatan melihat rutan tersebut terkesan dengan peralatan canggih di rutan tersebut. Bangunan dua lantai ini dipenuhi teknologi canggih, di pintu masuk mobil tahanan ada alat sejenis pendeteksi kendaraan tersebut.

Begitu masuk ke rutan, bagi tahanan akan dibawa ke ruang tunggu sebelum dijebloskan ke sel, dalam ruang tunggu itu dilengkapi toilet, dimana pemantik air di wastafel dan closetnya juga sudah memanfaatkan IT. Jika ada perkelahian di ruang itu, ada tombol darurat yang terhubungan dengan ruang kontrol, petugas pun akan langusung memantau lewat monitor.

Di rutan ini juga dilengkapi ruang komunal atau ruang berkumpul para tahanan, hanya ada satu pintu masuk ke ruang tersebut. Pintu masuknya dilengkapi pendeteksi suhu tubuh, bila ada tahanan yang suhunya 37 derajat lebih langsung diminta diam dan tahanan lain kembali ke sel masing-masing. Hebatnya, semua tahanan wajib memakai gelang ber-chip yang memantau kegiatan pemakainya setiap saat.

Gelang tersebut, berbahan kain yang sulit dilepas meskipun digigit si penggunanya, hanya dengan benda tajam gelang itu akan terlepas. Sipir tahanan cukup memantau dari monitor, informasi dari gelang itu berupa nomer sel yang ia tempati.

Diharapkan instalasi tahanan militer Pomdam Jaya, menjadi fasilitas tahanan yang lebih baik dan sesuai dengan standar yang ada.linda.

Leave a Reply