Tingkatkan Hubungan Diplomasi, TNI AL Bahas Kerja Sama Dengan Republic of Singapore Navy (RSN)

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang militer, TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Republic of Singapore Navy (RSN) membahas kerja sama bilateral Navy To Navy Talks (NTNT) ke-12 bertempat di Changi Naval Base, Singapura.

Dalam pertemuan tersebut, TNI AL dengan Head of Delegation (HoD) Asisten Operasi Kasal, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M. Tr.(Han)., didampingi Dankoopskasel, Laksamana Pertama TNI Indra Agus Wijaya dan Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal, Kolonel Laut (P) Robert Marpaung beserta Perwira Staf serta Atase Pertahanan RI di Singapura. Sedangkan pihak RSN dengan HoD Head of Naval Operation RSN, Rear Admiral Saw Shi Tat beserta Perwira Staf RSN.

Laksda TNI Dadi Hartanto pada pembukaan NTNT menyampaikan ucapan terima kasih kepada RSN atas undangan serta sambutan hangat yang diberikan oleh pihak RSN dimana hubungan antara TNI AL dan RSN hingga saat ini telah terjalin dengan sangat baik dan memberikan pengaruh positif kepada keamanan maritim di kawasan. “Hubungan ini harus dilanjutkan serta ditingkatkan dalam rangka memberikan keuntungan antar kedua Angkatan Laut,” tuturnya.

NTNT ke-12 ini membahas agenda kegiatan di tahun 2021-2022 yakni, Review action items hasil pertemuan NTNT ke-11, Diskusi tentang struktur kekuatan kapal selam serta kesepakatan kerja sama dalam bidang latihan, pendidikan, kunjungan kapal maupun pertukaran perwira.
Dalam pertemuan bilateral tersebut juga membahas peluang dan kesempatan yang diberikan pihak RSN untuk melaksanakan berbagai aktifitas pendidikan, kursus dan pelatihan yang baru kepada TNI AL terkait bidang kapal selam dan penyelaman.

Kegiatan ini sejalan dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan profesional dalam Bidang Latihan.dispenal/linda.

Leave a Reply