Tanggap Darurat Gempa Cianjur, TNI AU Kembali Distribusikan Bantuan ke Sejumlah Desa di Cianjur

Matra

Cianjur, inspiras1nusantara, Memasuki hari kedelapan paska bencana gempa bumi Cianjur, TNI AU kembali mendistribusikan bantuan melalui udara menggunakan helikopter ke sejumlah desa di kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Sejumlah desa tersebut merupakan daerah yang sulit dijangkau oleh armada darat, yaitu Desa Batulawang, Cikancana, Ciwalen, Sukaresmi, Cibadak, Kubang, Cibanteng, dan Rawa Belut, semuanya di kecamatan Sukaresmi Cianjur.

Distribusi bantuan menggunakan Helikopter NAS 332 Super Puma dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja Bogor. Bantuan logistik berupa bahan-bahan pokok kebutuhan harian didaratkan di Lapangan Aquila Desa Pakuwon.

Barang-barang bantuan diserahkan secara simbolis oleh Dansur Teritorial Penanganan Bencana TNI AU Letkol Pas Made dan Wadansur Mayor Lek Okie Hartanto, S.T., kepada perwakilan perangkat Kecamatan Sukaresmi dan perwakilan Kepala Desa.

Sementara Di Desa Ciputri Kecamatan Pacet, distribusi bantuan dilakukan dengan Air Dropping menggunakan helikopter dengan metode heli box, karena tidak adanya lokasi yang bisa dijadikan untuk pendaratan helikopter. Di desa ini terdapat posko satgas TNI AU dengan kekuatan personel Batalyon Kesehatan Mabesau dan personel Pasukan Gerak Cepat.

Posko Ciputri memberikan berbagai pelayanan kepada warga terdampak korban bencana, diantaranya pengobatan umum, rawat inap, dapur umum, distribusi bantuan logistik dan juga membantu perbaikan rumah warga.

Selain di Ciputri, TNI AU juga mendirikan posko di Desa Bunukasih dan Desa Ciherang dengan memberikan pelayanan serupa kepada warga masyarakat terdampak bencana gempa Cianjur.dispenau/linda.

Leave a Reply