Tanamkan Jiwa Maritim Sejak Dini, Pelajar SMP Kunjungi Kapal Perang

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Generasi muda adalah generasi yang di pundaknya memikul tanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan generasi pendahulunya dalam melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan untuk menuju bangsa yang aman, damai dan sejahtera dengan memaksimalkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki bangsanya. Dalam rangka memberikan bekal kepada generasi muda, Komando Lintas Laut Militer memberikan kesempatan kepada pelajar SMP Saint John’s School, Meruya untuk mengunjungi kapal perang KRI Tanjung Kambani-971 yang saat ini sandar di Dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta.

Kunjungan 96 siswa dan 10 guru pembimbing SMP Saint John’s School ke Kolinlamil disambut oleh Perwira Staf Potensi Maritim Kolinlamil. Pengalaman perdana bagi siswa sekaligus guru pembimbing sekolah yang berlokasi di Taman Villa Meruya, Jakarta Barat tersebut mampu mendorong dan menyemangati mereka untuk mencari tahu lebih banyak tentang hal-hal yang berkaitan dengan KRI dan keangkatanlautan. “Saya sangat senang para siswa memiliki rasa ingin yang tinggi dan penuh antusias mengikuti warship tour.” ungkap Komandan KRI Tanjung Kambali-971 Letkol Laut (P) Sulthon Firdaus.

Asisten Potensi Maritim Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara menyampaikan bahwa wisata edukasi kebaharian yang difasilitasi oleh Kolinlamil merupakan bentuk publikasi TNI AL guna memberikan tambahan pengetahuan kepada masyarakat umum tentang alutsista TNI AL yang dioperasikan oleh Kolinlamil. Manfaat lain dari wisata edukasi di KRI adalah menumbuhkan semangat kebaharian dan jiwa kemaritiman bagi generasi muda mengingat luas wilayah NKRI sebagian besar berupa laut.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi memantau kegiatan wisata edukasi warship tour dari ruang kerjanya menyampaikan, keberadaan Kolinlamil tidak hanya melaksanakan tugas-tugas kemiliteran semata, lebih dari itu Kolinlamil juga memfasilitasi keingintahuan masyarakat tentang hal-hal yang berhubungan dengan TNI AL dan alutsista yang dimilikinya. Bahkan Kolinlamil siap bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menanamkan semangat bahari dan jiwa kemaritiman bagi generasi muda. Hal ini merupakan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono bahwa keberadaan TNI AL dan prajuritnya harus mampu membawa manfaat untuk rakyat.penkolinlamil/linda.

Leave a Reply