Sertijab Menko Maritim, Susi Jadi ‘Bintang’

Home, Nasional

Jakarta, inspiras1nusantara, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi ‘bintang’ saat serah terima jabatan Menko Maritim dan Sumber Daya. Rizal Ramli menyebut Susi sebagai Angelina Jolie Indonesia yang brand-nya dikenal ‘tenggelamkan’, sementara Luhut Binsar Padjaitan yang menggantikan Rizal Ramli pernah ‘diskak’ ikut membackingi illegal fishing.

Acara serah terima itu diadakan di kantor Kemenko Maritim, gedung BPPT, Jakarta. Rizal didaulat terlebih dahulu untuk mennyampaikan pesan dan kesan selama memimpin Kemenko Maritim.

Sambutan Rizal diawali dengan mengenalkan para Menteri dibawah kordinasinya, Menteri Pariwisata pertama kali disebut  sebagai orang yang kalem, dan dikenal karena ketenangannya tapi pekerja keras.

Lalu mengenalkan Menteri Kelautan dan Perikanan, “kedua Angelina Jolie Indonesia ibu Susi. Pokoknya apa saja yang dilihat, klo gak Jumatan tenggelamkan, kalau gak puasa tenggelamkan, pokoknya terkenal brand-nya tenggelamkan”, candanya.

Rizal Ramli berjabat tangan dengan Luhut Binsar Pandjaitan (foto: linda herawati)

Perkataan yang disebut Rizal berdasarkan fakta, beberapa bulan sejak Susi menjabat sebagai Menteri banyak orang terutama di media sosial foto Susi dengan kata ‘tenggelamkan’, dengan kata depan bisa apapun (meme) luas tersebar. Dan perkataan Rizal itu membuat semua yang hadir tertawa.

Selain Menteri dibawah kordinasi, Rizal juga mengenalkan para deputi dan sekretaris menteri yang ia nilai merupakan pekerja keras dan orang-orang cerdas. Begitu pula dengan para pegawai di lingkungan Kemenko Maritim semuanya bahu membahu menunjukan kerja kerasnya.

Sebagai penutup pidato, Rizal mengatakan, Menko penggantinya adalah sahabat lama sudah seperti kakak-adik dengan dirinya. “Kalau pak Luhut, dimana pun dia berada, jadi barang itu”, kilahnya menutup pidatonya.

Sementara Luhut penggantinya mengatakan, sebagai seorang yang lebih 20 tahun di Kopasus, kerja tim menjadi suatu kebiasaan dia terutama dalam bekerja. Sesuai pengalamannya, kerja tim lah yang menyelematkan dia, dan Luhut tak pernah mengakui suatu keberhasilan hanya karena dia tapi timnya.

Sampailah ia menyapa para Menteri dibawah kordinatornya, lalu iya ingat pengalaman sebelum masuk kabinet kerja, Luhut bertemu Susi saat hendak dilantik sebagai Menteri di Istana Presiden. Luhut tak lupa memberi selamat pada Susi, dan disitulah pertemuaa pertama dengan Menteri KP.

Susi pun menceritakan soal illegal fishing, dan langsung menuduh Luhut yang ia tahu saat itu seorang pensiunan Jendral. “Jangan-jangan bapak yang membacking illegal fishing itu yak” ucap Luhut mengingat perkataan Susi.seraya menyebut Susi sebagai seorang Primadona, siapa yang tak kenal Angelina Jolie Indonesia.

Acara diakhir dengan pemberian cenderamata ke Rizal Ramli oleh Luhut Binsar Pandjaitan, lalu diiring salam perpisahan dari para Menteri, pejabat Kemenko yang diikuti tamu undangan yang hadir.linda.

Leave a Reply