Sah, Laksamana TNI Muhammad Ali Resmi Terima Tongkat Kepemimpinan TNI AL

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Tampuk Kepemimpinan TNI Angkatan Laut (TNI AL), Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), secara resmi diserah terimakan dari Laksamana TNI Yudo Margono yang saat ini menjabat sebagai Panglima TNI kepada Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Kasal ke-28, bertempat Lapangan Trisila Mabesal, Cilangkap, Jakarta.

Kegiatan serah terima jabatan Kasal diawali dengan Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Pengangkatan Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Kasal tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 100/TNI Tahun 2022 tanggal 28 Desember 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut sekaligus menaikkan pangkatnya dari Laksamana Madya TNI menjadi Laksamana TNI.

Perwira Tinggi (Pati) TNI AL kelahiran Bandung, 9 April 1967 lalu ini merupakan Alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 35 Tahun 1989. Dalam perjalanan karier militernya, beliau pernah mengemban berbagai jabatan strategis di antaranya sebagai Komandan KRI Nanggala-402 pada 2004, Komandan Gugus Keamanan Laut Komando Armada Barat (Guskamla Koarmabar) pada 2015, Wakil Asisten Perencanaan dan Anggaran (Waasrena) Kasal pada 2017, Gubernur AAL pada 2018, Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasal pada 2019, Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) pada 2019, Asrena Kasal pada 2020, dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) pada 2021.

Saat dihadapan awak media, Panglima TNI menyampaikan keyakinannya bahwa dengan resmi dilantiknya Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Kasal akan mampu memperkuat jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mampu mengatasi permasalahan yang ada di dalam negeri terutama tentang pertahanan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di wilayah laut.

Sedangkan dikesempatan yang sama Kasal menyampaikan bahwa akan meneruskan program- program sebelumnya dan menjaga soliditas TNI Polri. ”Saya akan meneruskan program-program Laksamana TNI Yudo Margono sebelumnya, menjalankan tugas ini sebaik-baiknya dan mendukung penuh serta menjaga soliditas serta sinergitas antar angkatan, baik TNI dengan TNI maupun TNI dengan Polri,” tegas Laksamana Muhammad Ali

Setelah melaksanakan upacara sertijab, Panglima TNI didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi, Ny. Vero Yudo Margono beserta Kasal didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali kemudian mengikuti rangkaian acara tradisi serah terima jabatan Kasal di Gedung Utama Mabesal dengan penyerahan kemudi kapal dan kunci denma mabesal sebagai simbol penyerahan tampuk kepemimpinan TNI AL yang baru. Acara diakhiri dengan pemotongan pita oleh Kasal bersama Ny. Fera Muhammad Ali sebagai sebagai tanda dimulainya kepemimpinan Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Kasal.dispenal/linda.

Leave a Reply