Riset di Laut, Pushidrosal Kerja Sama BRIN

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, TNI Angkatan Laut dalam hal ini Pusat Hidro-oseanografi TNI AL ( Pushidrosal) akan berkolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional ( BRIN) dalam bidang riset dan survei di laut.

Hal tersebut merupakan bahasan dalam kunjungan kerja Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat ke BRIN. Dalam kunjungan tersebut, Danpushidrosal diterima langsung oleh Kepala BRIN Dr. Laksana Tri Handoko di Kantor BRIN Jl. M.H. Thamrin No. 8, Jakarta.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Danpushidrosal didampingi oleh Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin, M.Sc., Aspamkersamtas Danpushidrosal Kolonel Laut (E) Renny Lilik Asmoro, Dansatsurvei Pushidrosal Kolonel Laut (P) B. Dwiadji Gultom, serta Kadispen Kolonel Laut (KH) Heru Priyantara.

Pada kesempatan itu, Danpushidrosal menyampaikan bahwa sesuai dengan tugasnya, Pushidrosal harus mampu memenuhi tuntutan publik untuk menyiapkan data, informasi Hidro-Oseanografi di seluruh perairan NKRI dengan akurat, mutakhir dan terpercaya. Oleh sebab itu Pushidrosal harus berkolaborasi dengan instansi atau lembaga terkait.

Kolaborasi dengan BRIN dilakukan, karena kedua institusi mempunyai kesamaan dalam tugas di laut, utamanya dalam riset dan survei, sehingga diharapkan kolaborasi tersebut dapat menghasilkan data-data kelautan yang berguna dalam mendukung pembangunan nasional.

Sementara itu Kepala BRIN menyambut baik kolaborasi dengan Pushidrosal, dan akan mendukung Pushidrosal, baik dukungan sarananya maupun peneliti-peneliti yang akan terlibat dalam kegiatan ekspedisi yang dilaksanakan Pushidrosal, termasuk Ekspedisi Jala citra berikutnya yang rencananya akan mengambil lokasi di Laut Flores.penhidrosal/linda.

Leave a Reply