Pushidrosal Gelar Latihan Pemantapan Pengetahuan Hidros Tentang Wecdis dan Wenc

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidros TNI AL) menggelar Latihan pemantapan pengetahuan Hidros tentang Warship Electronic Chart Display and Information System (WECDIS) dan Warship Electronic Navigational Chart (WENC) bagi pengawak Navigasi KRI TA 2022.

Latihan yang diselenggarakan secara hybrid tersebut dibuka oleh Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat di Ruang Serba Guna Pushidrosal, Ancol Timur Jakarta.

Dalam sambutannya, Danpushidrosal menyampaikan bahwa bertujuan agar para pengawak KRI dapat mengenal konsep dari Warship ECDIS, mampu mengenali konsep AML dan perbedaanya dengan ENC. Selain itu para peserta diharapkan mampu menginstall dan menampilkan AML pada WECDIS serta memanfaatkan AML dalam WECDIS untuk mendukung operasi tempur laut.

“Hal tersebut dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL khususnya para pengawak KRI sebagai garda terdepan pertahanan NKRI.” Kata Danpushidrosal.

Danpushidrosal menambahkan bahwa Pushidrosal selama ini telah memproduksi peta militer yang seluruhnya dalam bentuk peta kertas. Selain itu, Pushidrosal juga membuat peta khusus Additional Military Layers (AML) dalam bentuk peta elektronik.

WECDIS adalah ECDIS yang diperuntukkan bagi kapal perang dengan tujuan untuk menampilkan rangkaian data vektor dari berbagai data geospasial, baik data komersial maupun data untuk kepentingan militer.

Peta khusus AML dibuat untuk mengakomodir berbagai kebutuhan informasi militer kelautan yang digunakan untuk suatu misi tertentu sesuai tujuan penugasan.

“Penggunaan AML akan mempermudah pengembangan taktik tempur KRI yang sudah memiliki perangkat WECDIS dalam melaksanakan operasi militer” tegas pemimpin Pushidrosal tersebut.

Latihan pemantapan pengetahuan Hidros tentang WECDIS dan WENC diselenggarakan dari tanggal 21 sampai dengan 25 November 2022 dengan melibatkan 73 personel yang terdiri dari Panitia dan Instruktur sebanyak 32 personel dan peserta sebanyak 41 personel, yang berasal dari Pushidrosal sebanyak 5 personel, Koarmada I 10 personel, Koarmada II 10 personel, Koarmada III 3 personel, Kolinlamil 10 personel, AAL sebanyak 2 personil, serta Dissenlekal 1 personil.penhidrosal/linda.

Leave a Reply