Prajurit Diskomlek Kolinlamil Ikut Kursus Sistem Komunikasi TNI AL

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Satya Wira Jala Dharma. Banyak cara dilakukan meskipun ditengah pandemi covid 19 ini, prajurit tetap melakukan latihan sesuai dengan program latihan.

Prajurit Komunikasi Elektronik (Komlek) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti kursus sistem Komunikasi (Latkom) TNI AL tahun 201720 yang dilaksanakan oleh Dinas Elektronika dan Komunikasi (Diskomlek) TNI AL secara virtual. Latihan yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Peperangan Elektronika (Diskomlekal) Mabes TNI AL berlangsung di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur.

Para peserta melaksanakan praktek Radio Telegrafis setelah selama 2 hari (19 – 20 Oktober) menerima materi yang bersifat teori. Kursus Sistem Komunikasi TNI AL 2020 ini berlangsung selama 5 hari mulai 19 – 23 Oktober.

Kursus Sistem Komunikasi TNI AL tahun 2020 ini diikuti seluruh Dinas dan Satuan Komunikasi (Satkom) jajaran TNI AL meliputi Diskomlek Koarmada I, Koarmada II, Kolinlamil, Satkomlek Pushidrosal dan Satkomlek Lantamal.

“Tujuan latihan ini untuk menguji sistem komunikasi yang tergelar dan meningkatkan profesionalisme personel dalam tugas operasi dan latihan,” ujar Kadiskomlek Kolinlamil Kolonel Laut (E) Yesayas T.M. Silalahi, S.T., M.T..

Sedangkan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) disela-sela waktunya mengatakan sesuai dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk selalu meningkatkan kemampuan dan kecakapan serta profesionalisme prajurit dalam penguasaan Alutsista.

“Untuk mencapai sasaran latihan, agar prajurit yang mengikuti latihan untuk memaksimalkan kemampuan secara teknis maupun taktis” tegasnya.

Dalam kursus tersebut salah seorang prajurit Komlek Kolinlamil Sersan satu Kom Saiful Aris berhasil mendapat peringkat pertama dalam Lomba Radio Telegrafis setelah mengalahkan Pushidrosal dan Koarmada I.

Tidak hanya dilakukan di markasnya, namun juga di sejumlah Kapal Republik Indonesia (KRI) jajaran Kolinlamil selalu melaksanakan latihan-latihan sesuai dengan bidang profesi masing-masing demi menjaga dan meningkatkan profesionalitas.penkolinlamil/linda.

Leave a Reply