Picu Semangat Kompetisi, Kata Kuncinya ‘Harus Sukses’

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Dalam berbagai bidang Analisis SWOT seringkali digunakan untuk menentukan langkah-langkah yang harus diambil guna meraih tujuan dan keberhasilan. Analisis SWOT adalah suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness), peluang (opportunities) dan ancaman (threats) dalam suatu kegiatan. Hal ini penting dilakukan pada perusahaan untuk menentukan penyusunan strategi, penjualan produk, maupun ide bisnis baru. Selain digunakan pada perusahaan atau urusan bisnis, sebenarnya analisis ini bisa digunakan pada diri sendiri untuk mengembangkan karir.

Demikian halnya yang disampaikan oleh Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan kepada Perwira Menengah Kolinlamil yang disiapkan untuk mengikuti tes Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando TNI dan Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando Angkatan usai melaksanakan olah raga bersama yang rutin dilaksanakan setiap hari Jumat di awning Selatan, lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta. Didampingi Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Singgih Sugiarto, Panglima Kolinlamil men-trigger Perwiranya untuk memiliki semangat untuk berkompetisi secara fair dengan melatih dan mengisi diri sejak dini.

“Yang harus dipahami adalah kemampuan kalian untuk mengetahui keunggulan dan potensi diri dihadapkan dengan berbagai kelemahan dan ancaman yang ada di sekitar kalian. Kelemahan yang harus dikalahkan adalah rasa malas untuk beraktifitas padahal rekan kalian yang mempunyai goal yang sama untuk lulus tes masuk pendidikan sudah memulai meyiapkan diri dengan maksimal. Itu bisa menjadi ancaman karena mereka adalah kompetitor kalian.” ungkap Panglima Kolinlamil.

Lebih jauh Panglima mengupas satu persatu Analisis SWOT dalam rangka meraih keberhasilan dalam mengikuti tes untuk masuk Dikreg Sesko TNI dan Dikreg Sesko Angkatan dan memberikan contoh hal-hal yang harus dikerjakan. Bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keberhasilan, bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada dan bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

“Ingat, kita sudah berkorban cukup banyak untuk menjadi seperti sekarang ini. Jangan kepalang basah, key wordnya adalah “saya harus sukses”. Perjuangkan itu, karena kalian semua dibanggakan oleh anak istri dan seluruh keluarga.” pesan Panglima Kolinlamil.

Program pelatihan yang dijalani oleh Perwira Menengah Kolinlamil untuk menyiapkan diri dalam menghadapi tes masuk pendidikan merupakan upaya untuk membangun sumber daya manusia TNI AL yang profesional dan unggul. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam hal pembangunan kekuatan Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh dalam bidang personel yang diupayakan melalui pendidikan dan latihan.penkolinlamil/linda.

Leave a Reply