Pertemuan Para Menteri Kelautan, Sepakat Lawan Ilegal Fishing

Home, Nasional

Jakarta, inspiras1nusantara, Pertemuan Menteri Kelautan dan Perikanan dengan sejumlah Menteri Kelautan dari sejumlah negara seperti Malaysia, Fiji, Vietnam, dan lainnya sepakat untuk transparansi produk ikan sebagai salah satu langkah mengeliminasi illegal fishing.

Menteri KP Susi Pudjiastuti mengatakan, pertemuan ini adalah bentuk komitmen bersama untuk mengeliminasi illegal fishing, transparansi ikan ditangkap dimana, dijual dimana, diproses dimana dan lainnya merupakan salah satu wujud perlawanan terhadap kejahatan itu.

Menteri KP Susi Pudjiastuti diapit dua Menteri dari FIji dan Malaysia (foto: linda herawati)

Selain itu, mereka juga sepakat tak mengijinkan pelabuhan di negara masing-masing melayani kapal illegal fishing. Tapi menurut Susi hal itu sedikit sulit karena para pelaku illegal fishing biasanya bertransaksi di tengah laut, dan ini harus dibahas di waktu mendatang.

Ditambahkan,  dengan konsep yang telah disepakati memang ada langkah kedepan yang harus dikoordinasikan bersama, karena kebanyakan pelaku illegal fishing tak bersandar di pelabuhan. “Ini inisiatif yg sgt bagus dan sdh ditandatangani banyak Negara, kita disini komitmen brsama. Kita ingin untuk melakukan koordinasi bersama untuk melawanilegal fishing” tandasnya.

Langkah kedepan diharapkan ada aksi berukutnya guna melawan IUU Fishing, agar semua negara tahu pasti ikan itu ditangkap dimana dan oleh siapa. Susi pun mengapresiasi pertemuan ini dan berharap penuh komitmen ini tidak hanya saat ini tapi terus berlanjut.

Sementara Menteri dari ketiga negara merasa berterimakasih terhadap Susi Pudjiastuti yang telah mengundang ke pertemuan itu, dan mereka sepakat melawan illegal fishing karena negara mereka juga korban dari IUU Fishing.linda.

Leave a Reply