Pertemuan Bisnis, KKP Kabari Tata Kelola kelautan dan perikanan Baru

Home, Nasional

Jakarta, inspiras1nusantara, Kementerian kelautan dan Perikanan (KKP) bakal menggelar pertemuan dengan beberapa negara tetangga yang mendukung pembasmian illegal fishing, pertemuan itu sebagai ajang menginformasikan tata kelola kelautan dan perikanan baru dan mengajak negara lain bersama-sama mencegah illegal fishing.

Hal itu diungkapkan staf ahli KKP Dr. Suseno Sungkoyo usai menggelar pertemuan dengan media di kantor KKP, Jakarta. Lebih lanjut dikatakan, Indonesia sudah mendapat apresiasi dari badan pangan dunia FAO mengenai tata kelola di kelautan dan perikanan yang terkait dengan 3 pilar.

Dr. Suseno Sungkoyo (foto: linda herawati)

Pengakuan dari FAO itu akan ditingkatkan ke level yang lebih nyata, yaitu interprtasi dan keuangan. Bagaimana peran selanjutnya setelah pembasmian illegal fisihing, karena pemerintah mebuka pintu investasi dengan memperhatikan daftar negatif investasi yang sudah dicanangkan.

“Intinya kita ingin mengatakan di Indonesia ada tata kelola baru, apa itu? kelola yang bebas ilegal fishing, dan kita mengundang negara sahabat yang tidak terlibat dalam ilegal fishing untuk kegiatan pengelolaan”, tandasnya.

Menurutnya salah satu pejabat KKP sudah mengatakan, Indonesia sebagai tempat pengelolaan ikan dunia, dan akan ditawarkan kolaborasi iregional dan bilateral. Indonesia punya sistem yang baik, tangkap dan budidaya, lalu dilihat bagaimana dunia bersama-sama melakukan kegiatan visibility.

Diharapkan di forum itu nanti para pimpinan bank dan CEO mau memikirkan mekanisme finasial untuk Indonesia, guna bisa diduplikasi bila memikirkan industri perikanan berkelanjutan dan ini harus didukung finansial yang ramah lingkungan serta tak boleh merusak alam.linda.

Leave a Reply