Pembukaan Taklimat Awal Audit Kinerja Ir Kormar di Staf, Dinas, Kuwil dan Puskodal Kormar

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Inspektur Korps Marinir (Ir Kormar) Brigjen TNI (Mar) Cecep Ruhiat memimpin Pembukaan Taklimat Awal Audit Kinerja Ir Kormar Tahun 2022 di staf staf Kormar, Dinas Dinas Kormar, Kuwil Kormar dan Puskodal Kormar yang dilaksanakan di Ruang Rapat Puskodal Kormar gedung Agoes Soebekti, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No. 40 Jakarta.

Dalam sambutannya Ir Kormar Brigjen TNI (Mar) Cecep Ruhiat mengatakan bahwa Audit Kinerja merupakan realisasi dari Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) Itkormar TA. 2022. Pada peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2008 pasal 48 dan 49 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), ditegaskan bahwa pengawasan merupakan tanggung jawab bersama pimpinan instansi dibantu oleh aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) pengawasan harus selalu dilakukan oleh Kasatker selaku atasan langsung dan Itkormar selaku APIP melalui kegiatan audit baik itu audit kinerja, audit keuangan maupun PDTT (Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu), reviu, pemantauan dan evaluasi terhadap penyelenggaraan tugas/fungsi organisasi.

Dalam menghadapi tuntutan tugas terhadap peran inspektorat Kotama sebagai APIP di lingkungan Kotama saat ini mengalami perubahan fungsi, yang semula hanya melakukan pengawasan dan pemeriksaan dituntut untuk berperan sebagai Penjamin Kualitas (quality assurance) dan melaksanakan Kegiatan Konsultasi (consulting) yang meliputi Kegiatan Pemberian Saran (advisory), Fasilitatif dan Pelatihan, serta sebagai Pencegah Awal Penyimpangan (early warning system) dalam penyelenggaraan administrasi dan pemecahan masalah untuk perbaikan sistem. APIP juga berperan sebagai katalis, sehingga pendekatan pengawasan yang dilakukan APIP adalah memperbaiki dan membangun kapabilitas administrasi.

Pada acara pembukaan Taklimat Awal Audit kinerja Ir Kormar Tahun 2022 dihadiri oleh seluruh Asisten Dankormar, para Kadis di lingkungan Mako Kormar, Ka Kuwil Mako Kormar dan Kapuskodal Mako Kormar.penkormar/linda.

Leave a Reply