Pangkolinlamil Terima Courtesy Call Delegasi China dari Ship Peace Ark 866

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Bersama Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut dan sejumlah pejabat Kolinlamil, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi menerima kunjungan delegasi China dari kapal Chinese People Liberation Army Navy (CPLA-N) Hospital Ship Peace ARK 866 yang dipimpin oleh Commander of Mission Harmony 2022 Rear Admiral Qiu Wensheng di gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta. Kedatangan delegasi China ke Kolinlamil sebagai bagian dari agenda kegiatan awak kapal Hospital Ship Peace ARK 866 selama sandar di Jakarta dalam rangka mempererat dan meningkatkan hubungan kerja sama Angkatan Laut China dan TNI AL.

Pembicaraan antara Panglima Kolinlamil dan Commander of Mission Harmony 2022 terlihat cukup akrab dimana sebelumnya kedua Perwira Tinggi tersebut telah bertemu saat Panglima Kolinlamil menyambut kedatangan kapal CPLA-N Hospital Ship Peace ARK 866 sandar di dermaga JICT II Tanjung Priok, Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, sekali lagi Panglima Kolinlamil menyampaikan apresiasi, terima kasih dan rasa hormatnya kepada seluruh delegasi China yang menyempatkan waktunya untuk berkunjung di Mako Kolinlamil. Dengan kunjungan tersebut diharapkan kerja sama Angkatan Laut kedua negara dapat berkembang di berbagai bidang.

Rear Admiral Qiu Wensheng mewakili seluruh delegasi dan awak kapal CPLA-N Hospital Ship Peace ARK 866 juga mengucapkan terima kasih atas sambutan dan support yang telah diberikan sejak kapal sandar hingga hari ke-5 kapal berada di dermaga JICT II. Commander of Mission Harmony 2022 kemudian menyampaikan tentang kegiatan yang telah dilakukan oleh kapal CPLA-N Hospital Ship Peace ARK 866 sejak awal tugasnya di tahun 2008 dan menjelaskan tentang kemampuan kapalnya dalam melakukan dukungan kesehatan serta pengobatan, dan salah satu diantaranya adalah terapi pengobatan tradisional China. Rear Admiral Qiu Wensheng juga menyampaikan bahwa tim kesehatan yang berada di kapalnya terdiri dari beberapa profesor dalam bidang kesehatan dan dokter spesialis.

Dalam suatu kesempatan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono telah menyampaikan pentingnya peningkatan hubungan kerja sama dengan Angkatan Laut negara-negara sahabat dalam berbagai bidang khususnya bidang latihan dan pendidikan personel. Hal tersebut merupakan bagian dari upaya membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional sesuai dengan program prioritas dan perintah harian Kasal. Selama kepemimpinan Laksamana TNI Yudo Margono, TNI AL telah meningkatkan kerja sama di bidang latihan bersama baik bilateral maupun multilateral. Hal tersebut menggambarkan akan pentingnya kerjasama antar Angkatan Laut guna menjaga stabilitas keamanan kawasan dan membangun kepercayaan internasional terhadap TNI AL.penkolinlamil/linda.

Leave a Reply