Pahami Hardware, Disinfolahta Kolinlamil Latihan Fungsional

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Dinas Informasi dan Pengolahan Data Komando Lintas Laut Militer mengadakan Latihan Fungsional Disinfolahta Triwulan II tahun 2023 dengan membekali para prajurit Kolinlamil pengetahuan mengenai Hardware. Latihan fungsi Disinfolahta dibuka oleh Kadisinfolahta Kolinlamil Kolonel Laut (E) Asdi Yasin Yanuar Pribadi di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta.

Kadisinfolahta Kolinlamil dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam latihan ini Disinfolahta Kolinlamil memfokuskan pada materi pengenalan hardware komputer, cara kerja hardware komputer, dasar perakitan computer, setting bios dan instalasi software driver hardware yang dibutuhkan. Selain itu akan dilatihkan juga mengenai troubleshoot komputer dari permasalahan yang sering dialami oleh satuan kerja masing-masing peserta latihan. Untuk itu agar setiap peserta dapat menyampaikan permasalahan komputer yang ada di satuan kerjanya secara aktif guna dibahas pada latihan yang diadakan tersebut.

“Saya berharap agar seluruh peserta pelatihan dapat melaksanakan latihan secara sungguh-sungguh karena latihan kali ini dimaksudkan untuk membekali para pengawak atau operator komputer yang ada di satker Kolinlamil dalam hal melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan tingkat dasar. Latihan fungsional Disinfolahta Kolinlamil tahun ini memiliki materi yang berkesinambungan dari Triwulan I sampai dengan Triwulan IV yang dapat bermanfaat bagi para peserta.” ujar Kadisinfolahta Kolinlamil.

Dalam berbagai kesempatan Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan menyampaikan agar kegiatan latihan yang dilaksanakan secara rutin dan berkala harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena suatu kegiatan latihan adalah sebagian dari kesejahteraan yang diterima oleh prajurit. Oleh karena itu, kesempatan yang ada saat mengikuti latihan harus dapat dioptimalkan oleh seluruh prajurit untuk menimba ilmu pengetahuan sekaligus meningkatkan kompetensi diri.

Saat ini teknologi informatika tidak bisa terlepas dari kehidupan saat ini. Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang pesat sejalan dengan berkembangnya kemajuan dunia di era globalisasi dewasa ini. Berkaitan dengan hal tersebut Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali menekankan dalam Perintah Hariannya agar para prajurit TNI AL selalu meningkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis.penkolinlamil/linda.

Leave a Reply