Outbound Media Dirgantara, Puluhan Awak Media Mendapat Pembekalan Meliput Dengan Aman di Daerah Operasi

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Menjelang pelaksanaan Outbound Media Dirgantara. 2022 pada 15 Desember 2022 yang diselenggarakan oleh Dispenau dan Wing Komando I Kopasgat, puluhan awak media massa, mengikuti pembekalan tentang peliputan dengan aman di daerah operasi.

Pembekalan yang disampaikan oleh pelatih Wing Komando I Kopasgat, berlangsung di lapangan tembak Djamsuri, Wing Komando I Kopasgat, Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos, yang hadir langsung di lokasi, mengatakan, Outbound Media Dirgantara 2022, selain mempererat silaturahmi TNI AU dan media, juga untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan awak media dalam melaksanakan tugas liputan di daerah konflik dengan aman.

“Selain mempererat silahturahmi, kegiatan ini juga untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi rekan-rekan media apabila meliput di daerah konflik yang berpotensi membahayakan keselamatan saat menjalankan tugas jurnalistik,” ujar Kadispenau.

Kepada awak media, Kadispenau berharap, dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah pengetahuan dan skill, khususnya cara aman melaksanakan tugas peliputan berita di daerah konflik.

Dalam pembekalan hari pertama, para awak media diberikan pengenalan tentang kendaraan taktis dan sejumlah persenjataan yang digunakan oleh Kopasgat saat melaksanakan tugas.

Para awak media juga diberikan pengetahuan tentang survival dasar. Pada materi ini, wartawan dikenalkan bagaimana cara bertahan hidup pada kondisi yang sulit dan minim dukungan logistik. Tim Wing Komando I Kopasgat, juga menjelaskan teori, sekaligus praktek survival dasar, seperti mengenali berbagai jenis tumbuhan yang aman dan dapat dimakan, cara mendapatkan air, cara menangkap hewan dan cara mengolahnya menjadi makanan.

Pada hari kedua, peserta outbound akan melaksanakan praktek menembak laras panjang, patroli dengan kendaraan taktis, patroli jalan kaki dan peliputan simulasi “perang kota” yang diperankan para pelatih Wing Komando I Kopasgat.dispenau/linda.

Leave a Reply