Nelayan Muara Tawar Antusias Ikut Serbuan Vaksin Maritim Kolinlamil TNI AL

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Satya Wira Jala Dharma. Tingginya antusiasme masyarakat pesisir Muara Tawar dalam mengikuti serbuan vaksin maritim Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI AL dihari kedua, karena banyak warga yang berprofesi nelayan ingin kebal terhadap virus covid 19 yang dapat mengganggu kondisi kesehatan.

Dengan berbondong-bondong mendatangi kawasan pelelangan ikan Paljaya, Muara Tawar, mereka langsung mendaftar sesuai prosedur dalam kegiatan serbuan vaksinasi, melakukan cek kondisi tubuh dan selanjutnya menerima suntikan vaksinasi dari vaksinator-vaksinator yang telah siap menunggu mereka.

Kegiatan yang dibuka Sabtu kemarin pagi itu banyak diminati oleh warga masyarakat pesisir yang setiap harinya banyak dikunjungi para pedagang ikan dan hasil laut dan mereka yang bekerja di pelabuhan. Bahkan masyarakat desa Suka Jaya yang salah satu desa di Kecamatan Tarumajaya juga banyak berbondong-bondong hadir untuk divaksin.

Dipelelangan ikan Paljaya yang juga dikelola oleh Koperasi pengawas sumber daya perikanan, dengan dikoordinir oleh ketua Koperasi pengawas perikanan Kholid membawa ratusan orang untuk mendapat suntikan vaksin sebagai herd immunity.

“Kami sangat mendukung kegiatan serbuan vaksin dari Kolinlamil TNI AL, karena dengan vaksinasi gratis ini sangat membantu dalam mencegah penularan virus covid 19. Apalagi para warga yang sebagian besar nelayan mereka cukup punya resiko yang tinggi dalam menghadapi wabah covid 19 ini” tuturnya.

Dan ia pun berharap agar kegiatan serbuan vaksin maritim ini dapat menjangkau warga nelayan lain yang tempat tinggalnya dipulau-pulau terpencil jauh dari jangkauan transportasi. Kegiatan vaksinasi dilaksanakan oleh jajaran Kolinlamil TNI AL ini mentargetkan sekitar 1.000 warga pesisir Muara Tawar dan sekitarnya untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 hari ini.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Arsyad Abdullah berharap kegiatan serbuan vaksinasi maritim masyarakat pesisir ini bisa memangkas penyebaran Covid-19 di kawasan pesisir wilayahnya. “Harapannya, masyarakat tidak khawatir lagi dan bisa secepatnya bekerja seperti biasa demi menunjang kehidupan perekonomian,” ujarnya.

Serbuan vaksinasi maritim merupakan program TNI AL dalam mendukung pemerintah dalam percepatan vaksinasi untuk masyarakat. Hal itu dilakukan guna mendukung program vaksinasi pemerintah yang mentargetkan 1 juta vaksin perhari secara nasional.

Sesuai instruksi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, kawasan pesisir dan pelabuhan menjadi tujuan utama karena selama ini mereka memiliki risiko dan mobilitas tinggi bekerja di pelabuhan internasional tempat keluar masuknya kapal asing dan domestik. Karenanya sebagai salah satu penopang ekonomi, para pekerja pelabuhan harus mendapat vaksin agar sehat dalam bekerja. Diharapkan program vaksin nasional ini berjalan sukses.

Dan masyarakat untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai kebutuhan utama dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.penkolinlamil/linda.

Leave a Reply