Navy Brotherhood, Angkatan Laut Iran Kunjungi Kolinlamil

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi didampingi sejumlah pejabat Kolinlamil menerima kunjungan kehormatan delegasi Angkatan Laut Republik Iran yang dipimpin oleh Mission Commander Captain Farhad Fattahi di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta. Kunjungan Angkatan Laut Iran merupakan bentuk Navy Brotherhood dalam rangka mempererat hubungan persaudaraan antar Angkatan Laut dan terus mengembangkan serta meningkatkan hubungan kerja sama bilateral antara kedua negara di bidang operasi dan latihan.

Delegasi Angkatan Laut Iran tiba di Indonesia dalam rangka peace mission dengan menggunakan dua kapal perangnya yakni Kapal Perang Angkatan Laut Iran IRIS Makran (441) type Supply Ship dan IRIS Dena (75) type Moudge Class Frigate, keduanya akan sandar di Dermaga JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara sampai dengan tanggal 8 November 2022. Beberapa agenda yang telah disiapkan selain berkunjung ke pejabat TNI AL dalam hal ini Panglima Koarmada RI dan Panglima Kolinlamil. Delegasi Angkatan Laut Iran juga akan mengunjungi Islamic Centre, olah raga bersama dengan prajurit TNI AL dan city tour.

Panglima Kolinlamil menyambut ramah kedatangan delegasi Angkatan Laut Iran di Kolinlamil dan mengucapkan terima kasih dan rasa bangga karena padatnya jadwal kegiatan delegasi Angkatan Laut Iran selama di Indonesia masih menyempatkan diri untuk berkunjung dan bersilaturahmi ke Kolinlamil. Captain Farhad Fattahi dalam kesempatan tersebut juga mengucapkan rasa terima kasihnya atas sambutan dan penerimaan yang telah diberikan Panglima Kolinlamil beserta jajarannya sekaligus mengucapkan selamat atas kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan kegiatan Indo Defence 2022. Pihaknya juga sangat berharap kerjasama Angkatan Laut kedua negara baik dalam bidang operasi dan latihan serta pendidikan dapat terus terjalin dan meningkat. Dan, tidak ketinggalan Captain Farhad Fattahi berharap ada kunjungan balasan dari kapal perang TNI AL untuk singgah ke Iran.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono telah memberikan arahannya dalam hal menerima kunjungan kapal perang negara sahabat, selain memberikan kesan dan layanan yang terbaik, kedatangan kapal perang asing dapat dimanfaatkan untuk saling bertukar ilmu dan informasi guna meningkatkan hubungan baik antar negara. Kesempatan tersebut dapat pula digunakan untuk melaksanakan latihan bersama, salah satu diantaranya adalah passing exercise (passex) saat kapal perang negara sahabat tersebut meninggalkan pelabuhan untuk melanjutkan pelayarannya.penkolinlamil/linda.

Leave a Reply