Latma MTA Philindo 2022 : Lawan Kekuatan Musuh , TNI AL dan Philippine Navy Tingkatkan Sinergitas

Matra

Surabaya, inspiras1nusantara, TNI Angkatan Laut meningkatkan sinergitasnya dengan Philippine Navy (PN) dalam upaya melawan kekuatan musuh yakni para perompak yang menyerang obyek vital kedua kubu dalam sebuah peperangan laut. Hal tersebut terjadi saat simulasi Latihan Bersama atau Latma Maritime Training Activity Philindo 2022, antara TNI AL dan Angkatan Laut Philippina yang dilaksanakan di ┬ČAction Speed Tactical Trainer(ASTT) Puslatlekdalsen Kodiklatal Bumimoro Surabaya.

Latma MTA Philindo 2022 merupakan latihan bersama antara TNI AL Angkatan Laut (TNI AL) dengan Philipine Navy (PN) sebagai upaya peningkatan profesionalisme personel Angkatan Laut masing-masing negara dalam rangka menjaga keamanan perbatasan maritim kedua negara.

Latma MTA Philindo antara TNI AL dengan PN Yang di laksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL dan PN, Meningkatkan kerja sama, kesepakatan, dan hubungan militer antara kedua negara , serta menitik beratkan pada aspek Naval warfare yang gabungkan dengan elemen maritime security.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Latma MTA Philindo 2022 tidak hanya dilaksanakan dalam bentuk patroli sektor atau Patkor di perbatasan antara Indonesia dan Filipina, tetapi lebih pada aspek Peperangan Laut yang digabungkan dengan elemen Keamanan Laut . Menurut rencana agenda latihan akan berlangsung hingga 8 Oktober 2022 mendatang.

Adapun Latihan Peperangan Laut (Naval Warfare) yang menjadi titik berat Latma MTA Philindo 2022 meliputi aspek AAW ( Anti air Warfare) , ASUW ( Anti Surface Warfare) , ASW ( Anti Submarine Warfare) , EW (Elektronic Warfare) , dan Maritime Security ( Keamanan Laut) Khususnya MIO ( Maritime Interdiction Operation) dan optask ( Operation tasking), OCS Brief dan latihan simulasi peperangan.

Sementara itu di sela-sela latihan , salah satu pejabat delegasi PN yakni Capt Vincent J. Sibala selaku VIP/ Co-Exercise Director datang meninjau pelaksanaan latihan didampingi oleh Danpuslatlekdalsen Kolonel Laut (P) Irwan Shobirin, Danpuslatopsla Kolonel Laut (P) Donny Suharto.penkodiklatal/linda.

Leave a Reply