KRI Diponegoro-365 Wakil TNI AL di Internasional Fleed Review-22 Tiba di Manila

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, TNI AL menugaskan KRI Diponegoro-365 mewakili Indonesia dalam kegiatan International Fleet Review (IFR)-22 di Jepang tiba di Dermaga Manila, Philipine.

KRI Diponegoro-365 berawakkan 120 prajurit TNI AL dipimpin seorang Komandan, yaitu Letkol Laut (P) Kurniawan Koes. Kedatangan mereka disambut langsung oleh Atase Pertahanan (Athan) Indonesia di Philipine Kolonel Laut (T) Bambang Wijanarko.

Pada kesempatan itu Kolonel Bambang Wijanarko mengucapkan selamat datang di Manila dan menyampaikan kebanggaannya kepada seluruh Prajurit KRI Diponegoro-365 dan tim yang terlibat pada IFR 2022. “Kami merasa sangat bangga atas keterlibatan TNI Angkatan Laut berpartisipasi dalam latihan ini. Kami harapkan dengan latihan ini dapat semakin menunjukkan jati diri kita bangsa Indonesia kepada dunia internasional dan untuk menambah kemampuan serta wawasan dalam rangka untuk mengamankan wilayah perairan Republik Indonesia,” ujarnya.

Event IFR 2022 akan digelar di Yokosuka dan Teluk Sagami Jepang, pada tanggal 1 hingga 8 November 2022 dengan melibatkan 40 kapal perang yang terdiri dari 19 kapal Japan Maritime Self Defense Force (JMSDF) dan 21 kapal negara peserta. Selain event IFR, juga akan dilaksanakan kegiatan Multilateral Exercise dengan melaksanakan beberapa serial latihan manuver.

KRI Diponegoro-365 yang dilepas di Dermaga Madura Koarmada II Surabaya akan singgah di beberapa negara untuk melaksanakan port visit di negara-negara sahabat dalam membawa misi peran diplomasi TNI AL pada dunia sekaligus dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit Jalasena sebagaimana yang telah diinstruksikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Port visit di negara-negara sahabat akan memberikan pengalaman kepada prajurit Jalasena, sekaligus bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal dan personel Angkatan Laut negara sahabat secara professional dalam suasana seaman brotherhood.dispenal/linda.

Leave a Reply