Kopaska TNI AL dan SSG Pakiatan Navy Latma Bilateral Sea Thunder 5/22

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Komando Pasukan Katak TNI Angkatan Laut (Kopaska TNI AL) dan Special Service Group Pakistan Navy (SSG PAK Navy) Latihan Bersama (Latma) Bilateral Sea Thunder 5/22 mulai tanggal 7 sampai dengan 16 November yang dilaksanakan di Jakarta dan Kepulauan Seribu.

Latma Sea Thunder merupakan implementasi dari hubungan bilateral antara kedua negara dalam lingkup pertahanan yang memiliki tujuan untuk mengembangkan kualitas, profesionalisme dan kerja sama dalam bidang maritim. Selama latihan berlangsung kedua pasukan khusus TNI AL dan Pakistan Navy itu dapat saling bertukar ide, informasi, maupun keahlian dan pengetahuan militer dengan baik.

Latma yang mengusung tema, “TNI Angkatan Laut/Kopaska Melaksanakan Latihan Bersama Bilateral Sea Thunder 5/22 dengan Pakistan Navy Special Service Group di Kolat Koarmada I, Lanudal Pondok Cabe, serta Wilayah Kepulauan Seribu dan sekitarnya Dalam Rangka Meningkatkan Kerja Sama Militer dan Interoperabilitas antar Special Operation Forces (SOF’s).

Latma Sea Thunder 5/22 yang telah memasuki hari kedua ini, pada Selasa, (08/11) telah melaksanakan pembekalan kelas dengan materi Marksmanship Theory, Free Fall / Freepair Free Fall Theory dan sebelumnya antara kedua pasukan khusus tersebut juga mengadakan pertandingan persahabatan olah raga voli dan renang di Kolat Koarmada I.

Rencananya pada keesokan harinya, Kopaska TNI AL dan SSG Pakistan Navy akan melaksanakan Free Fall Acuration di Lanudal Pondok Cabe, dan Underwater Navigation di Ancol dengan melibatkan 14 personel Kopaska serta 12 personel dari SSG Pakistan Navy.

Danpuskopaska TNI AL Laksma TNI Yudhi Bramantyo Nursasongko selaku Direktur Latihan (Dirlat) saat opening ceremony Latma Sea Thunder 5/22, mengatakan bahwa Latma Sea Thunder 2022 adalah implementasi hubungan bilateral antara kedua negara di bidang pertahanan dan tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas, profesionalisme dan kerja sama dua negara khususnya sektor maritim.

“Saya percaya latihan ini akan berdampak positif bagi hubungan bilateral dalam rangka memperkuat hubungan kedua negara yang sudah berjalan baik selama ini. Saya juga berterima kasih kepada seluruh peserta dari Pakistan Navy SSG dan Kopaska TNI AL yang mengambil bagian dalam latihan ini, selain itu saya berpesan agar seluruh peserta melaksanakan Latihan dengan serius, hindari terjadinya kecelakaan dan utamakan faktor keselamatan personel maupun material,” kata Laksma Yudhi.dispenal/linda.

Leave a Reply