Konferensi Internasional Ditutup, Kasum: Segera Siapkan Peacekeeper Wanita

Home, Megapolitan

Jakarta, inspiras1nusantara, Kasum TNI menutup Konferensi Internasional antara TNI dan ICRC, di dalam pertemuan tersebut kedua pihak sepakat dengan peacekeeping operations dan menggalang kerjasama regional dan global memberi perlindungan bagi masyarakat sipil dan medis dalam konflik bersenjata. Menurutnya, selain itu kedua pihak juga sepakat menyiapkan wanita dalam operasi penjaga perdamaian dan beberapa hal terkait.

Demikian diungkap Letjen TNI Joni Suprianto saat penutupan Konferensi Internasional antara TNI dan ICRC di Jakarta. Menurutnya, apa yang sudah disepakati akan ada perbaikan-perbaikan dan penambahan peacekeeper wanita yang menjadi patokan.

“Adanya penambahan komposisi peacekeeper wanita akan mempermudah kita dalam menyelesaikan penyelesaian trauma akibat konflik dan pelayan kesehatan lainnya. Sehingga kita mempercepat pengadaan tenaga wanita”, tegasnya.

Kasum TNI bersama didampingi Komandan PMPP bersama peserta konferensi.foto:linda herwati.

Dikatakan, pertemuan ini juga menambah wawasan bagi TNI dan juga kerjasama dengan negara-negara lain serta berkolaborasi dengan NGO di lokasi terjadinya konflik. Kita sama-sama menangani konflik, apabila sudah akrab sejak awal akan lebih mudah ke depannya.

Sementara itu, Komandan PMPP Brigjen TNI Victor H. Simatupang menambahkan, ICRC kerap diundang untuk menambah wawasan dan persiapan prajurit yang akan diterjun ke daerah konflik. Dan kita sama-sama menangani konflik kita bekerjasama dengan ICRC.

Ia juga berpesan bagi prajurit yang akan diberangkatkan ke daerah konflik dalam menjaga perdamaian, jika berangkat 100 orang kembali juga harus 100 orang. Dan jangan melakukan hal-hal negatif yang akan mempermalukan bangsa dan negara.linda.

Leave a Reply