Komandan Kodiklat AD Tutup Latihan Posko 1 dan Simpur Komputer Ancab Brigif Raider 9 Kostrad

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad) Letnan Jenderal TNI Anto Mukti Putranto, S.Sos, secara resmi menutup kegiatan latihan posko 1 dan simpur komputer Ancab Brigade Infanteri Raider 9/Dharaka Yudha (DY) di Mako Brigif 9/DY Patrang, Kota Jember, Jawa Timur.

Latihan yang diikuti oleh satuan jajaran Divif 2 Kostrad dan perkuatannya dengan menunjukan kekuatan yang dimiliki, guna melihat kemampuan serta taktik-taktik antar kecabangan dalam wadah Brigade Tim Pertempuran.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Danpussenif Kodiklatad yang diwakili oleh Wadan Pussenif Mayjen TNI A. Daniel Chardin, S.E., M.Si, beserta Wadan Kodiklatad, Pangdiv-2 Kostrad, para Danpussen, Direktur Kodiklatad dan Para Komandan Pusdik jajaran Kodiklatad.

Dankodiklatad dalam amanatnya menyampaikan, bahwa dengan selesainya latihan Posko Simpur ini, diharapkan para peserta latihan bertambah ilmu pengetahuannya karena latihan Posko Simpur ini menuntut kemampuan setiap prajurit untuk mampu memanfaatkan teknologi informasi berupa aplikasi berbasis holografis yang menuntut kemampuan para peserta Latposko dalam hal pengaplikasian taktik dan teknik bertempur satuan serta kerja sama antar kecabangan dalam suatu operasi pertempuran.

“Hal ini dikarenakan Olah Yudha dan Kodalops pasukan yang disimulasikan dalam perangkat komputer telah di desain setara dengan terapan teknologi Alutsista yang dimiliki oleh setiap satuan,” ujar Dankodiklatad mengakhiri arahannya.

Sementara itu, Direktur Latihan Kodiklatad, Brigjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr(Han), menjelaskan bahwa tahapan latihan Ancab Kartika Yudha dilanjutkan dengan manuver pasukan yang akan dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan.

“Pasukan Brigif Raider 9 Kostrad dan perkuatannya akan melaksanakan lintas laut dengan menggunakan KRI milik TNI AL,” ungkap Dirlat.penkostrad/linda.

Leave a Reply