Kolinlamil Terima Kunjungan Budaya Peserta Penataran PPRA LXIV Lemhanas

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Komando Lintas Laut Militer menerima kunjungan budaya dari suami/istri peserta Penataran Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXIV Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia tahun 2022 yang dipimpin oleh Plt. Ketua Perista dan IKKT Lemhanas RI Ny. Uke Sabrar Fadhilah yang merupakan istri dari Wakil Gubernur Lemhanas RI Letjen TNI M. Sabrar Fadhilah di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (13/10). Kunjungan budaya ini merupakan bagian dari program pokok kurikulum penataran suami/istri peserta PPRA LXIV Lemhanas RI tahun 2022 dan juga merupakan bagian dari pendalaman materi yang telah diberikan oleh lembaga khususnya tentang 4 konsensus (pilar) dasar bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam kunjungannya di Kolinlamil, rombongan disambut oleh Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agus Hariadi didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny. Nana Agus Hariadi beserta Pejabat Utama Kolinlamil dan Pengurus Gabungan Jalasenastri Kolinlamil. Bertempat di Gedung Laut Nusantara, kegiatan diawali dengan penayangan singkat sejarah dan profil Kolinlamil dan dilanjutkan dengan sambutan Panglima Kolinlamil yang disampaikan oleh Inspektur Kolinlamil Laksma TNI Hardiko. Dalam sambutannya, merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Kolinlamil menerima kunjungan dari para suami/istri peserta Penataran PPRA LXIV. Dalam kesempatan tersebut, Laksma Hardiko juga menyampaikan sekilas tentang tugas-tugas Kolinlamil dan alutsista yang dioperasikan oleh Kolinlamil.

Selesai kegiatan di Gedung Laut Nusantara, rombongan peserta penataran selanjutnya menuju KRI Banjarmasin-592 untuk melaksanakan warship tour. Selama berada di KRI BJM-592 para peserta penataran mendapatkan penjelasan tentang berbagai informasi terkait peralatan dan fasilitas yang ada di KRI. Kegiatan warship tour mempunyai kesan tersendiri mengingat tidak semua dari peserta penataran pernah naik dan melihat fasilitas yang ada di KRI secara langsung.

Kegiatan warship tour tidak hanya diperuntukkan bagi instansi Pemerintah semata namun juga terbuka untuk masyarakat umum. Warship tour yang difasilitasi oleh Kolinlamil selain berfungsi sebagai wisata edukasi juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan kemaritiman bagi seluruh warga masyarakat khususnya generasi muda. Sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, kegiatan warship tour dapat digunakan sebagai bukti bahwa prajurit TNI AL berkomitmen untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat, dan kesemuanya itu ditunjukkan dengan kesiapan alutsista untuk beroperasi setiap saat dibutuhkan.penkolinlamil/linda.

Leave a Reply