Kobarkan Semangat Pertempuran

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Hari Dharma Samudera yang diperingati oleh TNI Angkatan Laut setiap tahunnya pada tanggal 15 Januari sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur dalam pertempuran heroik di Laut Arafuru 61 tahun yang silam. Komodor Yos Sudarso gugur bersamaan dengan tenggelamnya Kapal RI Macan Tutul berikut anak buah kapalnya. Semangat rela berkorban dan pantang menyerah ditunjukkan oleh Komodor Yos Sudarso, ketika Kapal RI Macan Tutul mulai tenggelam akibat tembakan dari kapal perang Belanda dari komunikasi radio terdengar pekikan “Kobarkan semangat pertemburan” yang disuarakannya.

Peringatan Hari Dharma Samudera tahun ini mengangkat tema “Kobarkan Semangat Perjuangan Samudera untuk Kejayaan Indonesia”. Puncak upacara peringatan Hari Dharma Samudera ditandai dengan upacara tabur bunga dari atas geladak Heli KRI Banda Aceh-593 yang saat ini tengah sandar di dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara dan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali. Tampak hadir dalam upacara tersebut sejumlah pejabat utama Mabesal dan Pemimpin Kotama TNI AL yang berada di Jakarta.

Dalam upacara tersebut, Kasal berkesempatan untuk melarungkan karangan bunga dan melakukan prosesi tabur bunga dari geladak utama KRI Banda Aceh dan diikuti oleh sejumlah Perwira Tinggi TNI AL yang hadir. “Peristiwa ini memberikan semangat kepada para pelaut dan prajurit TNI AL yang masih ada untuk meneruskan perjuangan Komodor Yos Sudarso, terutama dalam mempertahankan kedaulatan dan keselamatan di seluruh perairan nasional.” jelasnya. Lebih lanjut Kasal berharap peringatan Hari Dharma Samudera, yang menggambarkan keberanian Komodor Yos Sudarso, juga dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk bergabung dengan TNI AL dan meneruskan jejak perjuangan pahlawan nasional itu.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi yang turut hadir dalam upacara peringatan Hari Dharma Samudera menyampaikan bahwa jajaran Kolinlamil yang berada di Surabaya dan Jakarta maupun unsur KRI yang berada di luar pangkalan secara serentak juga melaksanakan upacara. “Ini adalah bukti bahwa prajurit Kolinlamil mampu mengambil hikmah dan inspirasi dari pertempuran Laut Aru dengan meraih beberapa prestasi di kejuaran renang dan selam serta Kejuaraan Nasional Karateka Kasal Cup II tahun 2023.” ungkapnya. penkolinlamil/linda.

Leave a Reply