KKP Siap Percepat Industri Perikanan

Home, Nasional

Jakarta, inspiras1nusantara, Selama ini masyarakat mengenal Kementerian Kelautan dan Perikanan sebatas penenggelamkan kapal, padahal banyak kebijakan yang telah mereka keluarkan. Diantaranya mengatur ulang ijin operasi kapal, penggantian alat tangkap, memelihara ikan tetap ada di perairan kita, dan percepatan industri perikanan Indonesia.

Direktur Jendral Perikanan Tangkap, Zulfikar Mochtar mengatakan, percepatan industri perikanan sesuai Inpres No.7 tahun 2016, membuat pihaknya bekerja lebih cepat lagi untuk membangun industri berkelanjutan demi masa depan bangsa.

Namun dikeluarkannya Inpres itu bukan tanpa kendala, menurutnya, percepatan industri dalam negeri tidak bisa berjalan sendiri, harus ada lembaga lain yang mendukung. Membangun industri perikanan tak hanya persoalan ikan saja, tapi juga menyentuh soal bahan bakar, pelabuhan, cold storage, dan soal lainnya.

Dirjen Perikanan Tangkap, Zulfikar Mochtar (foto: linda herawati)

“Persoalan yang dihadapi menyamakan persepsi soal percepatan itu. Ini tantang bagi kita bukan kendala, sebenarnya. yang kontrak produktif melihat kebelakang sementara kita ingin melihat ke depan”, tandasnya jadi pembicara workshop KKP dan media di kantor Menteri Susi Pudjiastuti.

Untuk percepatan itu, pihaknya jauh-juah hari sudah mengantispiasi persoalan yang akan dihadapi seperti, tetap ada ikan di perairan Indonesia dengan jalan memberangus illegal fishing. Lalu memastikan nelayan Indonesia berdaulat di wilayah sendiri, asing tak lagi diperbolehkan mengambil ikan di laut Indonesia.

Selain itu, KKP juga mendorong nelayan kita melaut dengan baik, karena itu diberikan kapal tangkap baru. Dan juga mengganti alat tangkap yang ramah lingkungan, serta memberi jaminan yang membuat para nelayan enak melaut termasuk dukungan perijinan.

“Kenapa Industri perikan harus dipercepat, mungkin karena selama ini kita sudah terlalu lama memunggungi laut, karena itu untuk mendukung industri perikanan ini harus ada kerjasama”, ujarnya.

Dikatakan, pemerintah sudah transparan, terbuka dan membuat kebijakan yang tegas dan konsisten. Ini membuat Indonesia cocok untuk investasi terutama di industri perikanan.

Hanya tinggal bagaimana rencana infrastrukturnya, sementara soal perijinan pihaknya sudah dipercepat, dan tata kelola penangkapan ikan tengah dibenahi sesuai dengan standar internasional. “Itu yang kita perbaiki kalau ini sinergi dengan baik kita bisa berlari dengan cepat”, pungkasnya mengakhiri pembicaraan dengan media.linda.

Leave a Reply