KKP Percepat Proses Hukum Kapal Ilegal Fishing

Home, Nasional

Jakarta, inspiras1nusantara, Kementerian kelautan dan Perikanan terus berupaya mensejahterakan nelayan, sukses menghalau ribuan kapal asing dari perairan Indonesia, kini mereka menitik beratkan pada transformasi hukum. Seperti percepatan penyelesaian kasus penegakan hukum atas ilegal fishing.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, pemerintah berencana melakukan gebrakan transformasi hukum, kemarin soal pungli, sekarang adanya transformasi hukum menjadi fokusnya. Selain mempercepat proses hukum kapal illegal fishing, juga kapal dalam negeri yang tak memiliki ijin.

“Tanpa melalui proses administrasi. kapal lokal juga ada yang tidak mempunyai dokumen, modus ini secara langsung telah merugikan negara. Misalnya praktek pinjam dokumen ijin maka kapal dapat menangkap ikan, tanpa membayar pungutan perikanan dan hasil perikanan”, pungkasnya pada media di kantornya.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (foto: linda herawati)

Menurutnya, kebijakan penenggelaman kapal dan tidak memperbolehkan kapal asing menangkap ikan di perairan Indonesia jangan sampai dipertanyakan. Karena itu akan mendorong pelaku illegal fishing kembali ke Indonesia, dengan cara melobi kanan dan kiri agar bisa kembali menangkap ikan.

Dengan kebijakan itu, nilai ekonomi nelayan kita naik, dan ribuan kapal asing tak berani lagi masuk berbondong-bondong. Meski ia mengakui masih ada kapal asing yang nekad mencuri ikan di Indonesia.

“Jadi kita harapkan perusahaan yang dulu mati, dari 2003 sampai 2013 ada 115 ribu pabrik yang mati dan nelayan berkurang, mereka tak mau lagi melaut malah milih jadi ABK, jadi TKI bisa kembali bangkit lagi dan nelayan mau melaut lagi” tandasnya.

Dijelaskan, walau jumlah kapal berkurang tapi tangkapannya naik, kalau dulu kapalnya banyak tapi pendapatan sedikit. Sekarang kapalnya sedikit tangkapannya banyak, itulah yang benar. Sehingga tekanan over fishing berkurang, artinya jumlah ikan meningkat karena ikan-ikan itu bisa ada waktu untuk berkembang biak.

Karena itu, menurutnya lagi, setiap ada pembatasan kapal, pembatasan alat tangkap, dan pembatasan ukuran akan menambah jumlah produk ikan itu sendiri. Kenapa?, karena ikannya bisa leluasa bertelur dan berkembang biak.linda.

Leave a Reply