KKP Fasilitasi Penggantian Cantrang ke Alat tangkap Ramah Lingkungan

Home, Nasional

Jakarta, inspiras1nusantara, Kementerian Kelautan dan Perikanan siap fasilitasi nelayan yang ingin mengganti alat tangkap cantrang ke alat tangkap yang ramah lingkungan. Perbankan siap kucurkan dana Rp.200 juta untuk penggantian itu, namun nelayan diharuskan melapor ke posko di KKP.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghimbau para nelayan yang ingin mengganti alat tangkapnya, segera mendatangi posko mulai jalm 08.00 hingga 16.00. Pendirian posko itu untuk membantu nelayan yang mengganti alat tangkapnya.

Menurutnya, nanti pemilik kapal cantrang akan dibantu dipertemukan dengan pihak perbankan yang ingin memberikan kredit senilai minimal Rp200 juta dalam rangka penggantian alat tangkap itu.

Menteri Susi Pudjiastuti saat beri keterangan di kantor KKP (foto: linda herwati)

KKP sendiri melarang penggunaan alat tangkap cantrang untuk menangkap ikan di laut. Namun penggantian alat tangkap membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, ditawarkan kemudahan kredit perbankan, bagi para nelayan yang ingin membeli alat tangkap baru menggantikan cantrang yang selama ini digunakan.

Selain kemudahan kredit, bagi nelayan yang memiliki hutang di bank akan restrukturisasi sampai dua tahun. Tak hanya itu, Susi juga mengharapkan agar kapal ikan yang ada dilakukan pengukuran ulang.

“Sudah kita pertemukan kemarin perbankan dan nelayan untuk bisa mendapatkan pinjaman untuk bisa mengganti alat tangkap dan kapal baru. Jadi tolong segera dimanfaatkan. Saya harap dengan bertambahnya ikan di mana-mana, makin baik pengelolaan perikanan, ikan makin banyak, yang diuntungkan nelayan-nelayan pemilik kapal itu sendiri”, ujarnya

Sementara dalam proses pengukuran ulang tidak ada pungli alias gratis. “Jadi kalau ada pemilik kapal dipungut, tolong segera laporkan yang meminta uangnya siapa,” tuturnya.linda.

Leave a Reply