Kesehatan adalah Segalanya

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Selama pandemi Covid-19 berlangsung selama kurang lebih 2 tahun terakhir ini, TNI Angkatan Laut melalui Dinas Kesehatan Angkatan Laut di tiap-tiap Kotama maupun Satuan telah bekerja bahu membahu dengan segenap elemen masyarakat dan bergerak cepat untuk menindaklanjuti kebijakan Pemerintah guna menekan angka kasus penularan Covid-19 di berbagai daerah. Terkait dengan kesehatan, Komando Lintas Laut Militer melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut yang dipimpin oleh Kepala Keuangan Wilayah Kolinlamil Kolonel Laut (S) Dede Suhendrawan di Lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta.

Dalam upacara tersebut Kakuwil Kolinlamil membacakan amanat Asisten Personel Kepala Staf Angkatan Laut Laksda TNI Irwan Achmadi, bahwa peringatan Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut tahun ini diperingati dalam situasi dan kondisi yang lebih baik dari tahun kemarin, dengan menurunnya jumlah kasus Covid-19 yang sangat signifikan, namun demikian seluruh jajaran TNI AL agar tetap waspada karena status pandemi di Indonesia secara resmi belum dinyatakan selesai oleh Pemerintah. “Diharapkan TNI AL dapat mendukung upaya Pemerintah untuk mewujudkan pemulihan keadaan akibat pandemi Covid-19.” ujar Kakuwil Kolinlamil. Peringatan Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut tahun 2022 ini mengambil tema “Kesehatan TNI AL yang Profesional, Solid dan Supportif, Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Dalam suatu kesempatan, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi menyampaikan kepada seluruh jajarannya bahwa dalam melaksanakan tugas, TNI AL selalu berpedoman pada dua aspek yang sangat menentukan keberhasilan yaitu aspek kekuatan dan aspek kesiapan. Aspek kesiapan diantaranya mencakup bidang kesehatan yang diwujudkan melalui pengecekan kesehatan prajurit yang akan melaksanakan penugasan. Status kesehatan prajurit dapat diketahui melalui hasil uji pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan secara rutin dan berkala. “Ingat, kesehatan adalah segalanya. Mustahil prajurit yang tidak sehat mampu melaksanakan tugas dengan optimal.” tegas Panglima Kolinlamil.

Sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono bahwa kesiapan prajurit dalam menjalankan penugasannya tidak hanya ditentukan kesiapan materiil dan dukungan logistik personel, namun yang tidak kalah penting adalah kesiapan serta kesehatan fisik dan moril prajurit. Dengan bekal kesehatan dan moril yang tinggi, diharapkan prajurit yang melaksanakan penugasan mampu mencapai target sesuai yang ditetapkan. “Mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. penkolinlamil/linda.

Leave a Reply