Kepala Bakamla Terima Kunjungan Kedubes Amerika Serikat

Megapolitan

Jakarta, inspiras1nusantara, Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos. M.M., menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Kim di Aula I Markas Besar Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta.

Kunjungan Duta Besar AS Sung Kim yang didampingi Political Officer Kedutaan Besar Amerika Serikat Lorenzo New dan Asisten Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Evan Fowler, dimaksudkan untuk memperkenalkan diri dan bersilaturahmi sebagai Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia yang baru.

Sementara itu Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, yang didampingi Direktur Kerja Sama Laksma Bakamla Retiono Kunto H., S.E., Direktur Kebijakan Keamanan Laut Laksma Bakamla Samuel H. Kowaas, M.Sc., Direktur Latihan Bakamla Laksma Bakamla Sandy Muchjidin Latief, S.IP., dan Kepala Biro Sarana dan Prasarana Laksma Bakamla Amrein, S.E., menyatakan apresiasi atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama 5 tahun antara Bakamla RI dengan US Coast Guard dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Bakamla yang meliputi pelatihan dan kursus bagi personel Bakamla RI, pengawak kapal dan SPKKL, serta port visit USCG Cutter Stratton.

Lebih lanjut, Laksdya TNI Aan Kurnia mengharapkan akan ada kerja sama yang lebih konkrit tentang Pertukaran Informasi Kejadian Maritim antara Indonesia Maritime Information Centre (IMIC) dengan Pusat Informasi USCG atau INL. Dikatakannya pula, diharapkan rencana pelatihan Tahun 2020 yang belum terlaksana dikarenakan pandemi Covid-19 dapat diwujudkan secara fisik atau daring di Tahun 2021 seperti Maritime Operational Threat Response (MOTR) Workshop dan Kursus-kursus.

Kunjungan diakhiri dengan penyerahan buku kaleidoskop Bakamla RI dari Kepala Bakamla kepada Kedubes AS serta dilanjutkan dengan foto bersama.humas/linda.

Leave a Reply