Kedubes Italia Rayakan Hari Kopi Dunia

Gaya Hidup, Home

Jakarta, inspiras1nusantara, Hari kopi sedunia ternyata juga diramaikan di Indonesia, perayaan tersebut digelar Kedutaan Besar Italia selaku pengolah kopi terbaik di dunia. Joseph Direktur Kebudayaan mewakili Dubes mengatakan, kopi terbaik bukan dari Italia, tapi masyarakat kami punya kemampuan mengolah kopi.

Menurutnya, di Italia tidak ada perkebunan kopi, tanaman kopi ada di Amerika Selatan, Asia Tenggara seperti Vietnam, dan Indonesia. Baginya kopi yang bagus itu jenis robusta, sementara untuk Indonesia jenis kopi unggul itu yang ditanam di pulau Jawa.

Saat Barista meracik kopi (foto: linda herawati)

Di Italia sendiri ada 20 kawasan regional pengeolah kopi yang memiliki citarasa berbeda satu dengan lainnya. Jika pernah merasakan sruputan kopi di utara Jerman, pada umumnya  rasanya tak beda jauh dengan citarasa kopi di utara Italia.

Budaya minum kopi di Italia sendiri, menurutnya, tak beda jauh dengan kebiasaaan di Indonesia menikmati kopi saat pagi hari atau meminumnya setelah makan siang, ini baik untuk pencernaan. Di Indonesia sendiri, masyarakat biasanya menikmati kopi tubruk (kopi dan gula-red) atau kopi tubruk ditambahkan susu, sementara di Singapura orang hanya mengenal kopi panggang yang hitam pekat.

Dikatakan, kopi terbaik itu sebenarnya tergantung selera si penikmat bukan cara penyajiannya. Jika cukup dengan kopi tubruk tapi itu selera Anda, itulah kopi terbaik. “Di Italia sajian kopi dikenal dengan kopi sorbet, granite, café correto, dan tidak dikenal nama frappucino”, tambahnya.linda.

Leave a Reply