Kasal Pimpin Sertijab 7 Jabatan Strategis TNI AL, Panglima Koarmada RI Segera Dilantik

Home

Jakarta, inspiras1nusantara, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) pimpin upacara serah terima tujuh jabatan strategis di lingkungan Mabes TNI AL. Upacara pengukuhan tersebut digelar di Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap Jakarta.

Tujuh jabatan strategis yang diserahterimakan adalah Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) dari Laksamana Madya (Laksdya) TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., yang dikukuhkan sebagai Pangkoarmada RI (validasi organisasi) kepada Laksamana Madya TNI Nurhidayat, S.H., M.A.P., Komandan Komando Pembinaan Dokrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) dari Laksdya TNI Nurhidayat kepada Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Suhartono, M.Tr.(Han)., yang sebelumnya menjabat Komandan Korps Marinir (Dankormar) dan Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) dari Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han)., yang akan menempati jabatan baru sebagai Aspitmar Kasal kepada Laksda TNI Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP., yang sebelumnya menjabat sebagai Sahli Bidang Pertahanan Keamanan Setjen Wantannas, dilaksanakan di Lapangan Apel Denma Mabesal. Sementara Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim TNI AL (Kadispotmaral) dari Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Markos, S.E., yang akan menempati jabatan sebagai Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Erekonomian BSSN kepada Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, yang sebelumnya menjabat Komandan Lantamal XII Pontianak, Kepala Dinas  Psikologi TNI AngkatanLaut ( Kadispsial) dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dr. Wiwin Dwi Handayani, S.Psi., M.Si., CHRMP., yang akan menjabat sebagai Kepala Pusat Psikologi (Kapuspsi) TNI kepada Laksma TNI Edi Krisna Murti, yang sebelumnya adalah sebagai Komandan Lantamal XIII Tarakan, Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI Angkatan Laut (Kadisbintalal) dari Laksma TNI Ian Heiyawan, CHRMP., yang sebelumnya adalah Staf Khusus Kasal dan Kepala Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Karumkital) dr. Ramelan diserahkan dari Laksma TNI dr. Radito, Sp. THT., Kepada Kolonel Laut (K) dr. Gigih Imanta J, Sp. PD., Finasim., MM.

Usai upacara Kasal Laksamana TNI Yudo Margono S.E. M.M. mengatakan, serah terima jabatan tersebut adalah hal yang rutin untuk penyegaran dan kaderisasi tidak ada yang krusial. Sementara mengenai Panglima Koarmada RI, dirinya baru akan melantik besok, karena secara operasional Pangkoarmada RI dibawah Panglima TNI sementara pembinaan oleh Angkatan Laut.

“Fungsi Koarmada RI sama seperti Koarmada l, ll, dan lll, tapi karena namanya Koarmada RI bidang sehingga dia (Koarmada RI) membawahi operasional Koarmada l,ll, dan lll. Mako Koarmada RI sementara masih di Jakarta, bersebelahan dengan Mako Koarmada l.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M. pimpin upacara sertijab di Mako TNI AL, Cilangkap, Jakarta.foto:linda herawati.

Kasal pun menegaskan Koarmada l tak harus pindah tapi Koarmada itu harus bisa mengantisipasi trouble spot yang terjadi di wilayah perairan kita. Koarmada l trouble spot-nya di Natuna, selat Malaka, selat Singapura, dan perairan yang berbatasan dengan India.

Lalu dikatakan, daerah operasi yang menjadi prioritas itu akan lebih efektif apabila Koarmada l berada di wilayah Kepri. Di sana ada Lantamal lV yang dulunya adalah Kodaral yang dijabat bintang 2. Ini petlu kajian apakah Koarmada l harus di sana.

“Tapi satuan Koarmada l ada di sana di Tanjung Uban, Satuan Kapal Cepat Koarmada l dan Satuan Kapal Ranjau serta fasilitas perbaikan kapal juga ada di sana dan sarana dan prasarana memenuhi untuk itu. Namun ini perlu kajian panjang karena untuk membentuk Armada butuh waktu lama tidak bisa setahun atau dua tahun”, kilahnya menutup keterangan pada media.linda.

Leave a Reply