Kasal: MNEK sebagai Ajang Bina Solidaritas dan Seaman Brother Hood Sedunia

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, “MNEK 2023 TNI AL merupakan ajang untuk membina solidaritas dan seaman brother hood sedunia. Sesama pelaut itu mempunyai ikatan kekeluargaan dan saling tolong menolong apabila ada masalah di laut. Hal tersebut merupakan tradisi pelaut baik sipil maupun militer”. Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali disela-sela pelantikan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) bertempat di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) merupakan latihan non-perang dengan mengedepankan kerja sama maritim di kawasan, penanggulangan bencana serta operasi kemanusiaan guna mempererat kerja sama antara TNI Angkatan Laut (TNI AL) dengan Angkatan Laut negara-negara sahabat serta melibatkan beberapa stake holder terkait di Indonesia. MNEK juga salah satu program TNI AL dalam memperkuat hubungan internasional dan tugas diplomasi.

Selain pelaksanaan latihan, dalam MNEK juga terdapat sejumlah kegiatan seperti pembangunan fasilitas umum atau Engineering Civic Action Programme (ENCAP), bakti kesehatan atau Medical Civic Action Programme (MEDCAP), parade kota, program budaya, pameran maritim, program kuliner, hingga pelaksanaan sailing pass dari kapal-kapal seluruh negara yang ikut serta.

Kegiatan MNEK tahun 2023 ini adalah event ke-4 kalinya dimana TNI AL pertama kali melaksanakannya pada tahun 2014 di Batam, selanjutnya MNEK ke-2 tahun 2016 di Padang dan MNEK ke-3 tahun 2018 di Lombok. MNEK merupakan giat rutin TNI AL yang dilaksanakan tiap 2 tahun, Namun MNEK ke-4 yang dijadwalkan akan dilaksanakan tahun 2020 terpaksa ditunda karena merebaknya pandemi Covid-19 di seluruh dunia.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan bahwa MNEK 2023 yang akan dilaksanakan pada 4-8 Juni 2023 mendatang di Makassar ini akan melibatkan kapal TNI AL dari semua satuan baik Koarmada I, II, III maupun Kolinlamil dengan Pangkoarmada II sebagai ketua panita. Sedangkan untuk keterlibatan negara sahabat, sudah terkonfirmasi sekitar 12-18 negara yang akan mengirimkan kapal perangnya.

Negara-negara sahabat yang akan terlibat pada kegiatan MNEK 2023 ini antara lain Amerika Serikat, Rusia, China, Australia, Malaysia dan negara-negara tetangga lainnya. Selain negara sahabat, TNI AL juga akan melibatkan kapal-kapal dari unsur maritim lainnya seperti KKP dan Bakamla.dispenal/linda.

Leave a Reply