Kasal Lepas KRI Tanjung Kambani, Bawa 700 Ton Bantuan Korban Banjir Bandang NTT

Home

Jakarta, inspiras1nusantara, TNI Angkatan Laut kerahkan beberapa KRI guna distribusikan bantuan kemanusian untuk korban banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT). Setelah beberapa hari lalu KRI Semarang membawa 700 ton bantuan, hari ini KRI Tanjung Kambani kembali membawa 700 ton bantuan bagi korban bencana alam di NTT. Keberangkatan KRI Tanjung Kambani dilepas Kasal di dermaga, Tanjung Priok, Jakarta.

Sebelum KRI Tanjung Kambani angkat sauh, Kasal melalukan inspeksi dan memeriksa kesiapan personel KRI dan bantuan yang akan dikirim. Usai melakukan pengecekan, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. mengatakan, KRI Tanjung Kambani akan menyalurkan bantuan dari Kementrian, lembaga pemerintah dan swasta, Keuskupan Agung Jakarta, dan Susteran.

“Hari ini KRI Tanjung Kambani memuat 300 ton bantuan dari berbagai pihak, dan nanti KRI ini mampir di Surabaya guna membawa 400 ton lagi bantuan kemanusiaan. Sehingga nanti totalnya menjadi sekitar 700 ton, dua hari yang lalu KRI Semarang membawa 700 ton bantuan, Rabu lusa tiba di Lembata dan bakal mendistribusikan bantuan”, kilahnya.

Beberapa saat pasca banjir bandang, Yonmarhanlan Lanal Kupang langsung turun membantu masyarakat yang terdampak gempa, meski Mako dan perumahan prajurit TNI AL juga terdampak gempa. Meski demikian tak ada korban jiwa di Kesatuan mereka.

Kasal secara simbolis serahkan bantuan ke Komandan KRl Tanjung Kambani, di dermaga Tanjung Priok, Jakarta.foto:inspiras1nusantara.

Menurut Kasal, selama pendistribusian bantuan ke NTT berjalan sesuai yang diharapkan, namun ada sedikit kendala saat dua hari pasca badai tropis Seroja menghantam wilayah NTT, KRI berukuran kecil tak mampu mendekati dermaga di sana karena gelombang laut tinggi. Karena itu, TNI AL mengerahkan KRI berbobot 100 GT guna mengantisipasi hal itu.

Lanjut Kasal, setelah lewat dua hari pasca badai tropis hingga kini kondisi cuaca normal, kapal kecil maupun besar kini bisa bersandar di dermaga di NTT. “Hari ini KRl Oswald sudah t bantuan ke Lembata dan pulau Sabu, unsur KRI dari Lantamal VII Kupang juga sudah menurunkan bantuan ke daerah-daerah terdampak badai tropis”, tambahnya, menutup keterangannya pada media.

Pelepasan bantuan pun ditutup dengan doa sebelum KRl Tanjung Kambani angkat jangkar menuju Surabaya. Pelepasan bantuan juga dihadiri Panglima Koarmada l, Pangkolinlamil, Danlantamal lll Jakarta, serta pejabat Mabesal.apr.

Leave a Reply