Hari Jadi Ke-16, Bakamla Cegah Kerugian Negara 4 Triliun

Home

Jakarta, inspiras1nusantara, Badan Keamanan Laut nasional merayakan hari jadinya yang Ke-16, di hari ulangtahunnya Kepala Bakamla menekankan personelnya mempertahankan kinerja dan mengingatkan bahwa kedepan, Bakamla akan menjalankan secara penuh peran Coast Guard yaitu keamanan, keselamatan, dan pertahanan sebagai komponen cadangan TNI AL.

Hal itu ditegaskan Laksdya Dr. Aan Kurnia usai upacara peringatan Hari Jadi Ke-16 Bakamla, di Mako Bakamla, Jakarta. Menurutnya, tahun ini Bakamla sudah mencegah potensi kerugian negara mendekati angka 4 triliun dari upaya penyelundupan narkoba seberat 436 kilogram serta pemindahan barang secara ilegal di laut.

Itulah upaya Bakamla dalam menjaga laut Nusantara, dan hal itu harus dipertahankan bahkan ditingkat agar ke depannya kinerja Bakamla akan lebih baik lagi. Selain dua penangkapan besar tersebut Bakamla berulang kali mencegah terjadinya penangkapan ikan oleh nelayan asing di laut kita, bahkan beberapa hari sebelum ulangtahun Bakamla mampu mengamankan kapal yang menolak membayar pajak.

Kepala Bakamla Laksdya Dr. Aan Kurnia inspeksi personel saat upacara HUT Ke-16 Bakamla, di Mako Bakamla, Jakarta.foto:linda herawati.

“Kapal itu hendak lari ke China lalu ke negara lain, berkat kerjasama dengan lembaga pajak kita bisa mencegah kapal itu lari dari tanggungjawabnya”, tegasnya pada media usai upacara peringatan Hari Jadi Bakamla.

Sementara itu soal keamanan laut Natuna Utara, Kabakamla mengatakan, pihaknya akan terus mengamankan wilayah laut Natuna Utara, dan ia tegaskan, Bakamla tak mungkin kerja sendiri mereka harus bersinergi dengan pihak lain dalam hal ini TNI Angkatan Laut demi menjaga keamanan di wilayah tersebut.

Demikian pula mengenai pengungsi Rohinya di laut Aceh, ia tegaskan itu menjadi tanggungjawab lembaganya mengamankan dan menyelamatkan, namun tentunya Bakamla harus bersinergi dengan pihak lain seperti TNI AL dan Kepolisian.apr.

Leave a Reply