Hari Dharma Samudera Danmenkav 2 Marinir Ikuti Upacara dan Tabur Bunga di KRI Soeharso

Matra

Surabaya, inspiras1nusantara, Dalam rangka Hari Dharma Samudera dan mengenang sejarah perjuangan bangsa. Danpasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan yang diwakili Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir Kolonel Muhammad Rizal menghadiri upacara sekaligus tabur bunga di KRI dr. Soeharso 990, Koarmada II, Ujung Surabaya.

Dalam pembacaan sejarah pertempuran laut bahwa , “Peringatan hari Dharma Samudera kita gunakan sebagai momentum untuk mengenang kepahlawanan para pejuang laut yang telah mendharma-bhaktikan, bahkan merelakan hidupnya demi kejayaan bangsa dan negara.

Peristiwa di Laut Arafuru menjadi lukisan tinta emas dalam lembar sejarah perjalanan bangsa indonesia. Putra-putra bumi pertiwi gugur dalam keberanian. Dengan semangat patriotisme mereka melawan armada belanda.

Dengan lantang, Komodor Yos Soedarso berseru, “kobarkan semangat pertempuran”. Satu pekik yang membakar semangat perlawanan Prajurit Ri Matjan Tutul. Peristiwa itu adalah teladan sempurna dari sikap Ksatria, semangat patriotisme, jiwa korsa, kerelaan berkorban, dan perjuangan tanpa pamrih para pahlawan-pahlawan samudera. Nilai-nilai kepahlawanan dan perjuangan ini harus terus diabadikan dalam setiap hati sanubari prajurit jalasena dan diwariskan kepadagenerasi penerus bangsa.

Kegiatan dilanjutkan dengan penaburan bunga dari KRI dr. Yos Soeharso ke laut untuk mengenang jasa para pahlawan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Jatim, pejabat Utama Koarmada II, pejabat Kotama wilayah Surabaya dan perwakilan dari TNI/Polri.penmenkav/linda.

Leave a Reply