Hari Armada, Diperingati dengan Peresmian Mako Koarmada RI

Home

Jakarta, inspiras1nusantara, TNI Angkatan Laut merayakan Hari Armada dengan meresmikan Markas Komando Koarmada RI di Jakarta, sebelumnya Mako tersebut digunakan sebagai markas Koarmada l yang kini berpindah ke Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M., menghadiri upacara peringatan Hari Armada, yang digelar di lapangan Mako Koarmada RI, Jakarta. Usai upacara Kasal mengatakan, pemindahan Mako untuk memudahkan TNI AL dan juga efektifitas dukungan logistik karena daerah kerawanan strategis di wilayah Koarmada l ada di Natuna, selat Singapura, selat Malaka, dan Sabang.

“Karena itu merupakan chek point dan juga pintu keluar masuknya kapal-kapal dan juga di sana tingkat kerawannya strategisnya sangat tinggi maka kapal-kapal kita geser ke sana. Dan secara bertahap kapal-kapal kita akan digeser ke Tanjung Uban”, ungkapnya.

Menurutnya, eks mako Koarmada I ini akan digunakan sebagai mako Koarmada RI yang akan bertugas mengendalikan kapal-kapal TNI AL yang bertugas di wilayah perairan kita dan juga KRI yang bertugas ke luar negeri selain membawahi Koarmada I, ll, dan lll.

Dalam menyambut Hari Armada, Koarmada RI telah mengelar berbagai acara seperti bhakti sosial, donor darah, dan sosialisasi pelayanan Keluarga Berencana dan percepatan penurunan gizi buruk (stunting), vaksinasi covid-19, pengobatan mata dan pembagian sembako.

Upacara peringatan Hari Armada di Koarmada Rl dilaksanakan secara sederhana sementara upacara khusus menyambut Hari Armada digelar di Koarmada l, Tanjung Pinang dengan inspektur upacara Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono dengan mengangkat tema “Komando Armada Rl, Pengawal Samudera untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.linda.

Leave a Reply