Hadir Ditengah-tengah Warga, Babinsa Mediasi Pertikaian Antar Warga

Matra

Yapen, inspiras1nusantara, Kehadiran Babinsa ditengah-tengah warga binaannya pasti sangat besar manfaatnya bagi para warga, seperti yang dilakukannya kali ini, Serda Musa Yarollo Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Kodim 1709/Yawa, yang mengadakan Mediasi permasalahan antar warga binaannya yang berlokasi diBalai Kampung Panduami Distrik Kosiwo Kab. Kepulauan Yapen.

Setelah mendapat informasi dari salah satu warga tentang adanya pertikaian antar warga yang terjadi diwilayah binaannya, dengan gerak cepat dan juga dibantu oleh Sekretaris Kampung serta Bamuskam, babinsa pun memanggil kedua belah pihak yang sedang bertikai dan juga para warga lainnya yang berperan sebagai saksi dalam permasalahan tersebut untuk hadir dibalai kampung.

Kegiatan mediasi ini diawali dengan mendengar keterangan lengkap dari kedua belah pihak yang bertikai dan juga keterangan dari para saksi. “Jangan ada yang dikurang-kurangi maupun dilebih-lebihkan dalam menjelaskan pokok permasalahan yang terjadi, jelaskan semuanya dengan jujur dan jangan ada yang ditutup-tutupi, agar permasalahan ini dapat segera diselesaikan dengan baik”, tegas babinsa kepada seluruh warga yang hadir.

Setelah menemukan pokok permasalahan yang menyebabkan pertikaian dan pertengkaran yang terjadi antar kedua keluarga tersebut, kedua belah pihak pun telah menyadari kesalahannya masing-masing, dan akhirnya kedua belah pihak sepakat untuk mencari jalan damai dalam permasalahan mereka, ungkap Serda Musa.

“Permasalahan seperti ini kami harapkan tidak terulang lagi dikemudian hari, hilangkan rasa emosional dan saling bersikeras dengan pendapat masing-masing dalam permasalahan apapun, agar tak berbuntut panjang hingga perkelahian yang dapat memakan korban jiwa, dan kami bersama aparat kampung sangat mengapresiasi atas kehadiran kedua belah pihak dan para saksi ditempat ini”, pungkas babinsa memberi pemahaman dan pencerahan kepada seluruh warga yang hadir.

Marthen Wambrauw selaku Sekretaris Kampung Panduami juga turut menambahkan kepada para warga, “Marilah kita menciptakan kerukunan antara warga, dengan harapan agar tidak menimbulkan permusuhan dan perselisihan, kami juga berterima kasih kepada babinsa yang telah bergerak dengan cepat bersama kami aparat kampung untuk mengadakan mediasi/musyawarah ini, dengan bermusyawarah tentunya setiap permasalahan dapat kita selesaikan bersama-sama dengan baik dan damai, ujarnya.penrem173/apr.

Leave a Reply