Ekspedisi Maritim, Langkah Awal Sebagai Bangsa Pemenang

Home, Nasional

Jakarta, inspiras1nusantara, Kemenko Maritim dan Sumber Daya mengajak ratusan pelajar berlayar menuju Belitung, diharapkan perjalan itu menjadi bersejarah sebagai langkah awal menuju bangsa pemenang. Demikian dituturkan Menko Maritim Rizal Ramli saat melepas Ekspedisi Maritim di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Dikatakan, dimasa lalu kita dikenal bangsa laut nusantara dikenal sekali, sampai kerajaan Sriwijaya dikenal sampai negeri Campa (Thailand), Majapahit punya pengaruh hingga Malaka yang dikenal sekarang Malaysia.

“Karena memang negara yang kuat dilaut, negara yang kuat maritimnya itu akan menguasai dunia. Abad ke-19 Ingris menguasi dunia karena Angkatan Laut mereka punya kekuatan maritim dan kapal dagang mereka sangat besar sehingga bisa menguasai dunia” tandasnya.

Abad ke-20 AS mempunyai AL paling kuat di dunia sehingga mereka menguasai dunia, abad ke-21 adalah abadnya Asia. Abad kebangkitan bangsa di Asia, kalau kita mau jadi bangsa pemenang, bangsa yang dsegani, dihormati di wilayah dan dunia kita harus memiliki kekuatan maritim, termasuk kapal dagangnya, dan kapal ikan.

Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli (foto: linda)

Siapa yang menguasai laut akan menguasai dunia, untuk itu harus dimulai dengan hal yang sederhana, harus mulai mencintai laut. “Saya yakin mayoritas pelajar yang ikut belum pernah naik kapal, jadi ini kesempatan kalian naik kapal belajar mencintai laut”, pungkasnya.

Ia pun menceritakan pengalaman si masa kecil, yang sudah merasakan naik kapal saat meninggalkan Sumatera menuju Jawa, baginya pengalaman itu sangat berharga karena dari sana ia mulai mencintai laut.

Rizal pun berharap, semoga dalam perjalan ini peserta bisa saling kenal, ada semangat brotherhood, ada semangat displin, ada semangat untuk bersih. Karena bila kapal jorok korbannya bukan hanya diri sendiri tapi orang lain, makanya AL di seluruh dunia terkenal Angkatan yang sangat bersih. “Semoga perjalanan ini perjalan bersejarah untuk memulai langkah sebagai bangsa pemenang”, tutupnya.

Sementara Deputi IV Kemenko Maritim, Safri Burhanuddin mengatakan, ekspedisi ini untuk mewujudkan cita-cita pemerintah, dimana kemaritiman jadi sektor prioritas utama pembangunan dan menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia. Guna mewujudkan harapan itu, maka sumberdaya manusia dibidang maritim yang handal dan dapat bersaing di dunia internasional menjadi keniscayaan yang tak bisa dihindari.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan dan meningkatkan wawasan kemaritiman bagi generasi muda dan masyarakat dengan mendukung lahirnya manusia Indonesia yang mencintai lautan dan kemaritiman.

Generasi yang bangga dan cinta laut Indonesia dan generasi yang siap menyongsong kejayaan maritim Indonesia. Karena itu, momentum GMT menjadi kegiatan tersebut karena Indonesia satu-satunya daratan yang dilewati gerhana. Ini merupakan momen besar untuk mengajak pemuda menyaksikan GMT dari laut lepas.linda.

Leave a Reply