Donor Darah Sambut HUT Ke-60 Korps Wanita TNI AL, untuk Selamatkan Sesama

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Dalam rangka menyambut HUT Ke-60 Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) Tahun 2023 yang diperingati setiap tanggal 5 Januari, ratusan Kowal wilayah Jakarta melaksanakan kegiatan donor darah di Lapangan Bulutangkis Krida Pamenang Mabesal, Cilangkap, Jakarta. Perwira Tinggi Kowal Laksamana Muda (Laksda) TNI Wiwin Dwi Handayani yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Pusat Psikologi (Kapuspsi) TNI didampingi Perwira Koordinator (Pakor) Wilayah Jakarta Kolonel Laut (S/W) Erna Fauziah beserta sejumlah Perwira Tertua (Pater) Kowal wilayah Jakarta turut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Kegiatan yang dipimpin ketua panitia HUT ke-60 Kowal, Letkol Laut (KH/W) Astra Kamayi ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta mengusung tema “Profesionalisme Dalam Mengabdi Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Digelarnya kegiatan ini sebagai wujud rasa kemanusiaan serta kepedulian Kowal terhadap sesama, selaras dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang salah satunya menekankan kepada prajuritnya agar keberadaan prajurit TNI AL di manapun berada dapat memberikan manfaat dan nilai positif bagi masyarakat sekelilingnya.

Di tengah kegiatan tersebut, Laksda Wiwin menyampaikan rasa terima kasih kepada para pendonor yang membuktikan bahwa bukan hanya Kowal, tapi juga para prajurit pria pun memiliki rasa kepedulian yang sama untuk berbagi kepada orang lain yang membutuhkan. “Tentu saja ini membanggakan bagi kita semua sehingga Kowal tetap lebih profesional tetapi tidak meninggalkan sisi humanisnya.” ujar Laksda Wiwin.

Lebih lanjut, Kapuspsi TNI berharap di HUT yang ke-60 ini Kowal sudah semakin matang, semakin profesional dan juga berperan lebih banyak. Tidak hanya berperan dalam hal penugasan, tetapi juga berperan ke luar bersama masyarakat dan peduli terhadap berbagai perkembangan yang ada di lingkungan sekitar mereka.

“Terimakasih atas kerjasama dan bantuan dari Kowal atas ratusan kantung darah yang disumbangkan sehingga darah yang terkumpul akan disalurkan kepada Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) dan pihak-pihak yang membutuhkan” ujarnya salah seorang petugas medis dalam kegiatan itu.

Selain donor darah, telah dilaksanakan beberapa kegiatan di antaranya anjangsana ke Kowal yang sakit, ziarah ke makam R.A. Kartini di Jepara Jawa Tengah, dan ziarah ke makam Cut Nyak Dien di Sumedang Jawa Barat. Selain itu, kegiatan yang akan dilaksanakan di antaranya penyuluhan kesehatan di desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga Tangerang, ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata Jakarta Selatan, olahraga bersama yang meliputi lomba lari estafet, lomba renang estafet, lomba menembak, dan lomba bongkar pasang senjata serta acara puncak yaitu syukuran.dispenal/linda.

Leave a Reply