Dikreg Seskoal Ke-61 Dibuka, Kasal: Seskoal Lakukan Seleksi Ketat

Home

Jakarta, inspiras1nusantara, Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando (Seskoal) angkatan Ke-61 dimulai. Kasal mengatakan, Seskoal membuka kesempatan untuk seluruh Perwira TNI namun harus lulus seleksi yang sudah ditetapkan. Kuota Perwira sebagai peserta didik tetap tapi tahun yang lulus tes hanya 117 Perwira siswa.

Hal itu diungkap Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali S.E., M.M., M.Tr.Opsla saat membuka Dikreg Seskoal angkatan ke-61, di Seskoal, Jakarta. Menurutnya, dari 117 Pasis ada dua dari Angkatan Darat, dua dari Angkatan Udara, empat dari Kepolisian, dan sembilan dari manca negara.

“Mereka sudah siap mengikuti pendidikan, mulai hari ini. Nantinya mereka akan menempuh pendidikan di Seskoal selama 10 bulan. Seskoal betul-betul selektif memilih calon peserta didik, dan mereka dituntut lulus dari kreteria yang disyaratkan”, tandasnya.

Dikatakan, peserta angkatan Ke-61 belum memenuhi kuota peserta didik, ini bukan karena jumlah pesertanya dikurangi tapi peserta yang lolos seleksi hanya 117 orang. Dengan jumlah yang kurang dari batas penerimaan siswa, bagi Angkatan Laut itu tidak mengurangi kebutuhan Perwira yang siap memimpin Satuan di jajaran Angkatan Laut.

Menurutnya, Perwira AL tak hanya menempuh pendidikan di Seskoal tapi juga di lembaga pendidikan di lingkungan AL, seperti Kodiklatal atau Sesko di luar matra Laut. Bahkan ada pula yang belajar di luar negeri di kampus setingkat Sesko.

Terkait smart kampus, Kasal mengatakan, Seskoal sudah menyelenggarakan smart kampus sejak beberapa tahun lalu, dan tidak hanya di Seskoal di sekolah pendidikan di lingkungan AL juga sudah dilaksanakan. Menurutnya program digitalisasi pun sudah diterapkan di Seskoal, kelas-kelas di Seskoal sudah modern, berkat kerja sama dengan pihak lain.

Seskoal adalah lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi TNI AL yang bertujuan untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan, membentuk kepribadian dan karakter sebagai prajurit yang profesional serta mengembangkan kemampuan kepemimpinan maritim bagi para Perwira.linda.

Leave a Reply