Delegasi TNI AL Hadir dalam 19th Asia Pacific Submarine Conference di Tahiti, French Polynesia

Matra

Inspiras1nusantara, Delegasi TNI AL yang dipimpin oleh Direktur Operasi (Dirops) Koopskasel Koarmada RI Kolonel Laut (P) Ahmad Noer Taufiq menghadiri kegiatan Asia Pacific Submarine Conference (APSC) ke-19 yang diselenggarakan pada tanggal 12 s.d 14 Desember 2022 lalu di Papeete, Tahiti, French Polynesia.

Kegiatan APSC merupakan agenda tahunan pertemuan perwira kapal selam dari negara-negara di kawasan Asia Pasifik, dimana selama 2 tahun pandemi Covid-19 tidak dapat diselenggarakan. APSC ke-18 sendiri diselenggarakan pada Februari 2019 lalu di San Diego, California, Amerika Serikat.

Dalam pelaksanaan APSC ke-19 di Tahiti ini sebanyak 13 negara hadir, diantaranya Prancis, Amerika Serikat, Inggris, Australia, Indonesia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Pada penyelenggaraan APSC ke-19, bertindak selaku tuan rumah adalah French Navy dan the French Armed Forces in Polynesia, dan ini merupakan penyelenggaraan yang pertama di Pulau Tahiti sebagai bagian dari wilayah teritorial Prancis.

APSC ke-19 dibuka dan ditutup oleh Deputy Commander French Submarine and Strategic Forces, RADM Dumoulin Bertrand. Adapun tujuan dari kegiatan APSC selain untuk mempererat hubungan kerjasama antara negara-negara pengguna kapal selam, juga untuk membahas perkembangan organisasi kapal selam, sistem penyelamatan kapal selam, kerja sama dan interoperabilitas penyelamatan kapal selam.

Program kegiatan ini sejalan dengan Program Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yaitu membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.penkoarmadari/linda.

Leave a Reply