Dankodiklatau Buka Latihan Operasi Informasi TNI AU Tahun 2022

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI Angkatan Udara (Dankodiklatau) Marsdya TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., membuka Latihan Operasi Informasi TNI AU (Latopsinfo) tahun 2022 di Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur.

 Selaku Pemimpin Umum Latihan (Pimumlat), Dankodiklatau menyampaikan, Latopsinfo merupakan simulasi operasi informasi sesungguhnya, yang dilaksanakan TNI AU.  Latihan dalam rangka mewujudkan tugas penegakkan hukum dan menjaga keamanan wilayah udara nasional, serta kepentingan tugas TNI AU lainnya yang semakin kompleks.

“Guna mendukung tugas-tugas TNI AU, diperlukan sarana untuk melatih setiap unsur yang terlibat dalam latihan operasi informasi, meliputi unsur Penerangan, Intelijen, Psikologi, Infolahta, dan Komlek, dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan operasi, guna mencapai keunggulan informasi,” ungkap Dankodiklatau.

Dankodiklatau juga menekankan pentingnya pembentukan opini publik dan stakeholder, terkait kesiapan alutsista TNI AU dalam penegakan kedaulatan wilayah udara Indonesia.

“Hal ini perlu ditindaklanjuti antara lain dengan pembentukan opini publik maupun stakeholder terkait, salah satunya melalui operasi informasi TNI AU,” ujar Dankodiklatau.

Dankodiklatau berharap, seluruh pelaku dapat mengikuti latihan dengan sebaik-baiknya, sehingga tujuan dan urgensi penyelenggaraan latihan dapat tercapai secara optimal.

 Hal ini terkait kompleksitas operasi informasi yang membutuhkan suatu strategi dan kemampuan dalam melaksanakan tugas secara cepat, tepat dan berhasil, guna menyamakan visi, persepsi dan interpretasi antar unsur yang terlibat.

 Latopsinfo tahun ini mengangkat tema “Satgas Informasi Melaksanakan Operasi Informasi Di Mandala Operasi Dalam Rangka Mendukung Tugas Kogasudgab”.

 Latihan berlangsung dari 10 s.d.14 Oktober 2022,  diikuti 163 personel, terdiri dari Kolat, Pelaku dan Asistensi.  Hari pertama Latihan diisi penataran pelaku berupa penjelasan tentang Proses Pengambilan Keputusan Militer, Pengoperasian Website Latihan dan Sistem Pengiriman Telegram, serta Pengarahan dari Direktur Latihan.

Turut hadir pada pembukaan Wadan Kodiklatau Marsda TNI Eding Sungkana, Kadispenau selaku Direktur Latihan Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, Kadisinfolahtaau, Kapoksahli Kodiklatau, Dirlat Kodiklatau, Danpuslat Kodiklatau, Paban V/Ops Info dan Pernika Sopsau, serta para pejabat Mabesau.

Sementara seluruh pelaku latihan mengikuti pembukaan secara virtual dari posko yang ada di satuan masing-masing. dispenau/linda.

Leave a Reply