Dandim 0510/Tigaraksa Hadiri Giat Guyub Ketua Rukun Warga Wilkum Polres Metro Tangerang Kota

Matra

Tigaraksa, inspiras1nusantara, Dandim 0510/Tigaraksa  Letkol Arh S.S Banjar hadiri acara Guyub Ketua Rukun Warga Wilkum Polres Metro Tangerang Kota bersama Kapolda Metro Jaya yang diselenggarakan Polres Metro Tangerang Kota di Ruang Selasar Gedung Puspem Kota Tangerang Jl. Satria Sudirman, Kota Tangerang.

Kegiatan Guyub Ketua Rukun Warga ini, dihadiri Pangdam Jaya Mayjen TNI  Untung Budiharto, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dr. Drs. H. Mochammad Fadil Imran, M.Si, Plt. Gubernur Banten DR. Al Muktabar, M.Sc, Walikota Tangerang H. Arief R Wismansyah, B.Sc, M.Kes.,  Wakil Walikota Tangerang H. Sachrudin, Danrem 052 Wijayakrama Brigjen TNI Putranto Gatot Srihandoyo, S.Sos, MM,. 

Sambutan Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah, Bsc, M.Kes, yg intinya menyampaikan bertepatan dengan HUT Kota Tangerang Ke 30 ini, di Launching Program Polisi RW. Ini merupakan terobosan baru dalam menciptakan situasi kamtibmas yang lebih baik dengan bekerja sama dengan pemerintah ditingkat RW.

“Semoga kegiatan ini menciptakan situasi yang kondusif dalam membangun Kota Tangerang,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Pangdam Jaya Mayjen TNI  Untung Budiharto, mengatakan, Ketua RW adalah pimpinan pemerintahan di tingkat masyarakat, dan pengorbanan atas kedatangannya di acara ini, sehingga kita dapat bertemu.

“Saya pribadi berterima kasih kepada bapak-bapak atas kepemimpinannya selama ini, sehingga wilayah Tangerang aman. Tanpa bapak ibu sekalian mustahil pekerjaan akan berhasil. Sebab para Ketua RW banyak membantu warga dalam pembuatan administrasi warga seperti KTP, KK dan lain – lain, sehingga pengorbanannya wajib kita apresiasi.” ujar Pangdam Jaya.

Pangdam juga mengatakan bahwa, ke depan kita akan dihadapkan dan dibayangi oleh beberapa permasalahan seperti bencana, perang Rusia dan lainnya, dampaknya nyata semua terkena, maka kita berharap pererat persatuan kita untuk Bangsa Indonesia.

“Mari Kita harus membangun demokrasi yang lebih bagus dan saya yakin ke depan bangsa ini akan lebih maju. Tentunya, Kita semua bisa menghadapi ini semua dengan saling membantu antara TNI, Polri, Pemda dan Masyarakat. Rumusnya, adalah saling Gotong Royong,” jelasnya.

Kapolda Metro Jaya, juga dalam sambutannya menyampaikan, guyub rukun adalah ciri khas bangsa kita dan Indonesia salah satu bangsa yang rukun, karena nenek moyang kita mengajari guyub rukun antar sesama.

“Terima kasih kepada RW atas kegiatan vaksinasi yang lalu, berjalan lancar dan sukses. Saya ingin ada RW didampingi Polisi, karena RW dibutuhkan warga dalam penyelesaian permasalahan di wilayah masing-masing. Mudah-mudahan ke depan semakin banyak anggota TNI – Polri menjadi Ketua RW, sehingga permasalahan di masyarakat dapat diserap, termasuk dalam membina anak muda serta mengembangkan umkm, dan lain-lainnya. ” kata Kapolda.

Selanjutnya, Kapolda juga mengatakan, dalam pencegahan kriminalitas, banyak cara yang bisa dilakukan diantaranya pemasangan CCTV, melakukan kontrol keluar masuk orang. Selain itu, pencegahan kenaikan penyalahgunaan narkoba yang harus diselesaikan, terang Kapolda, karena permasalahan narkoba bukan di anak muda saja, ada juga orang dewasa dan para orang tua menggunakannya.

“Hal ini membutuhkan perhatian yang serius. Untuk itu, saya inginkan anggota Polres Metro Tangerang Kota dapat memperhatikan kasus-kasus geng motor, tawuran yang melibatkan anak-anak muda,” ucapnya.

Disisi lain, kata Kapolda melanjutkan, Ketahanan keluarga sangat penting karena semua dimulai didalam keluarga dalam membina dan mengawasi anak-anak sehingga tidak terpengaruh lingkungan diluar rumah.

Menurut Kapolda, adanya lokasi rawan begal di beberapa wilayah ini, bisa bicarakan dengan RW dan menyelesaikannya termasuk juga tawuran yang dilakukan oleh anak-anak muda sehingga kita harus mencari akar permasalahan agar dapat menyelesaikan permasalahan bersama ketua RW sebagai orkestrator.

Diakhir sambutannya, Kapolda kembali menyampaikan apresiasi yang setinggi-tngginya kepada para Ketua RW, dan saya titipkan polisi RW yang sudah ditugaskan. Semoga kegiatan ini dapat membangun Kota Tangerang.

Masih ditempat sama, Plt Gubernur Banten menyampaikan bahwa, pada intinya menyampaikan apresiasi kepada Kapolda Metro Jaya dengan diluncurkannya program “Polisi RW” di wilayah Tangerang, dimana program ini membantu Ketua RW dalam menjaga Kamtibmas agar kondusif, serta membantu menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat.

“Semoga antara Polri dan Ketua RW semakin lebih bersinergitas,” tutupnya.

Sedangkan, Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh S.S Bandjar selepas acara mengatakan, kegiatan ini, sangat positif dalam rangka mendukung terciptanya di wilayah masing – masing yang aman dan kondusif dengan tetap menjalin kerjasama yang solid dari semua pihak dalam menyerap berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Hadir juga dalam kegiatan itu, Dandim 0506/Trg Kolonel Inf Ali Imran, Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, S.H., S.I.K., M.Si., Kabid Humas PMJ Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh S.S Bandjar, Danden POM Jatake Letkol CPM Sundoro, SH, Para OPD dan SKPD Pemda Kota Tangerang, Pj. AKBP Sujarwoto Kasat Binmas Polres Tangerang Kota, PJU Polres Metro Tangerang Kota, Danramil Tangerang, Batuceper, Ciledug, Jatiuwung, Sepatan dan Teluknaga, Kapolsek Jajaran Restro Tangerang Kota, Para Bhabinkamtibmas dan Babinsa Se Kota Tangerang, dan Ketua RW se Kota Tangerang serta ┬▒ 2000 peserta.pendim/linda.

Leave a Reply